Prospek Kerja Jika Kamu Kuliah di IAIN Jurusan KPI, Salah Satunya jadi Wartawan

Prospek Kerja Jika Kamu Kuliah di IAIN Jurusan KPI, Salah Satunya jadi Wartawan

sumber: hasil jepretan anak KPI/Miya Diosi Magang Ce--

PENDIDIKAN, CURUPEKSPRESS.COM – Mungkin sebagian besar dari kamu berpikir bahwa bila tertarik dengan bidang komunikasi dapat langsung memilih jurusan komunikasi saja. Namun, sebenarnya ada alternatif jurusan lain loh, bila kamu taku bersaing dengan calon mahasiswa baru.

Jurusan komunikasi dan penyiaran islam adalah solusi dari kekhawatiran Anda. Ini jika anda memilih kuliah di kampuas Institut Agama Islam Negeri (IAIN) atau Universitas Islam Negeri (UIN).

Komunikasi dan Penyiaran Islam atau yang biasanya diisngkat KPI merupakan program studi yang menggabungkan ilmu komunikasi dan penyiaran dengan nilai-nilai agama islam.

Jurusan ini mencakup berbagai aspek komunikasi dan penyiaran, termasuk strategi komunikasi, produksi media, jurnalisme, dan teknologi penyiaran.

Selain itu mahasiswa jurusan ini juga belajar tentang ajaran dan prinsip-prinsip islam yang relevan dengan komunikasi dan penyiaran.

Gelar Serjana Komunikasi dan Penyiaran Islam umumnya adalah (S.Sos), akan tetapi beberapa Universitas memiliki ketentuan yang berbeda.

Prospek kerja utama jurusan ini salah satunya adalah menjadi seorang pendakwah. Namun, lulusannyajuga memiliki kesempatan besar untuk berkarir di industry media.

Kalau kamu ada rasa penasaran dengan jurusan ini, wajib menyimak penjelasan berikut ini.

Dalam artikel ini akan dibahas mulai dari apa itu Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam? Kenapa harus Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam? Apa saja prospek kerjanya? Simak baik-baik penjelasan berikut ini!

1. Penyiar

Sesuai dengan namannya jurusan ini banyak memberikan ilmu, pengalaman serta keterampilan sebagai penyiar.

Penyiar tentunya masih sangat dibutuhkan pada masa sekarang ini.  Baik untuk radio ataupun penyiar pada kanal daring.

BACA JUGA:

2. Wartawan 

Banyak lulusan jurusan KPI yang terjun ke dunia ini, tak heran kerena mata kuliah yang diajarkan pun terdapat materi mengenai jurnalistik, teknik wawancara, yang semuanya dapat mengacu pada profesi ini baik untuk media cetak, elektronik ataupun online.

Wartawan sendiri adalah orang yang bertugasuntuk meliput dan menghimpun suatu berita yang dapat dari lokasi terjadinya sebuah peristiwa yang nantinya ditayangkan pada televisi, media cetak (koran, majalah) dan media online (website, Instagram, dsb).

3. Fotografer / Juru Foto

Fotografer atau juru foto merupakan orang-orang yang membuat gambar dengan cara menangkap cahaya dari subyek gambar dengan kamera maupun peralatan fotografi lainnya.

Pada umumnya seorang fotografer memiliki skill seni dan teknik untuk menghasilkan foto yang lebih bagus dan berusaha mengembangkan ilmu atau skill yang dimilikinya.

Di jurusan KPI sendiri fotografer ini termasuk ke dalam salah satu mata kuliah di dalamnya seperti teknik fotografi, hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa KPI juga bisa mengembangkan skill-nya dan menjadikan fotografer sebagai suatu profesi/pekerjaan dikemudian hari.

4. Presenter TV (news reader, news anchor, news caster)

Sama halnya dengan penyiar radio, namun sedikit berbeda dari segi cara penayangan berita yaitu ditampilkan pada media televisi, juga ditayangkan bagaimana peliputan beritanya.

Seorang pembawa berita akan menginformasikan sebuah peristiwa yang didapat dari wartawan kemudian ditayangkan pada televisi, pembawa berita biasanya menyiarkan secara langsung dari studio TV dimana mereka bekerja.

Untuk jurusan KPI juga sangat tidak asing dengan profesi ini, karena lulusan jurusan ini sudah pasti dibekali ilmu public speaking yang baik, sehingga sangat memungkinkan menjadi penyiar berita.

BACA JUGA:

5. Sineas Film

Sineas dapat diartikan merujuk kepada seseorang yang memiliki keahlian tentang cara dan teknik pembuatan film, yang tercakup dalam istilah sineas antara lain : sutradara, asisten sutradara, penulis skenario, sinematografer (kamerawan), editor (penyunting gambar), penata produksi, penata artistik, penata cahaya, penata suara, penata musik, penata rias, penata busana, dan penata efek khusus.

Nah, penjelasan itu merupakan prospek kerja yang Anda harus tahu sebagai lulusan KPI, tidak hanya menjadi seorang pendakwah saja, sangat banyak prospek kerja lulusan dari jurusan KPI yang belum Anda ketahui.

Sumber: