Pemerintah Bagi-Bagi Rice Cooker? Ternyata Rice Cooker dan Magic Com Beda loh!

  Pemerintah Bagi-Bagi Rice Cooker? Ternyata Rice Cooker dan Magic Com Beda loh!

ilustrasi-ist-

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM – Pada dasarnya rice cooker dan magic com memiliki fungsi yang sama bagi masyarakat, yaitu untuk menanak nasi serta menghangatkan. 

Bahkan sering kali alat masak berbasis listrik untuk menanak nasi semuanya dinamakan magic com.

Padahal kedua nya memiliki fungsi tambahan lain, sehingga memiliki perbedaan. Berikut penjelasan singkat perbedaan Rice Cooker dan Magic Com :

 

Secara pengertian, Rice cooker merupakan alat masak untuk menanak nasi. Dengan dilengkapi penutup dan panic didalamnya. Terdapat pengatur suhu serta waktu.

Untuk di beberapa jenis lain, ada yang memiliki fitur automatic keep warm. Ketahanan Rice Cooker selama 24 jam. 

Magic com, memiliki pengertian yang sama yaitu untuk menanak nasi dengan dilengkapi penutup dan panci. Ketahanan lebih unggul yaitu selama 48 jam.

Dilihat dari buku Masak Praktis dengan Magic com karya Rudy Andreas, sebenarnya magic com ada bentuk penyempurnaan dari Rice Cooker.

Dan untuk harga keduanya memiliki harga yang menyesuaikan dengan keunggulan masing masing. Namun, pada umumnya Magic com lebih mahal di pasaran daripada Rice cooker.

BACA JUGA:

Perbedaan pertama, berdasarkan fungsi :

Rice cooker digunakan hanya untuk menanak nasi, berbeda dengan Magic Com yang dapat digunakan untuk memasak dan menghangatkan makanan lain selain nasi, seperti sayuran.

Dengan dilengkapi pengaturan tambahan seperti pengatur suhu, pengatur tekanan dan pengatur waktu.

 

Perbedaan Kedua, berdasarkan kapasitas : 

Untuk kapasitas, magic com lebih unggul dari rice cooker. Magic com memiliki kapasitas besar dari 1 liter hingga 6 liter. Sedangkan untuk rice cooker kapasitas yang dimiliki hanya hingga 3 liter saja. 

 

Perbedaan ketiga, berdasarkan desain :

Rice cooker lebih cocok untuk anda yang minimalis, karena desainnya yang sederhana dan ukurannya yang kecil. Sedangkan Magic com dengan desain yang besar dan memiliki tampiran modern serta stylish. 

BACA JUGA:

Perbedaan keempat, berdasarkan cara kerja :

Keduanya memiliki kesamaan sistem kerja, namun yang berbeda Rice Cooker hanya untuk menanak nasi saja.

Rice Cooker dapat membantu untuk memastikan tekstur nasi apa akan lembek atau terlalu kering, dibantu dengan adanya sensor suhu, pengatur waktu dan fungsi tersendiri yaitu keep warm yang berfungsi untuk menjaga nasi untuk tetap hangat. 

Selain itu untuk Magic com telah dilengkapi  dengan mampu pengaturan tekanan,suhu dan mampu memanaskan sayuran, daging dan lainnya. 

 

Semoga penjelasan singkat diatas dapat membantu anda dalam membedakan magic com dan rice cooker.

Sumber: