Dampak Gelombang Panas Ekstrem terhadap Kesehatan Manusia

 Dampak Gelombang Panas Ekstrem terhadap Kesehatan Manusia

CE Dampak Gelombang Panas Ekstrem terhadap Kesehatan Manusia--

Polusi udara yang cenderung meningkat saat cuaca panas ekstrem dapat memperburuk dan menyebabkan penyakit pernafasan seperti asma. Selain itu, suhu tinggi dapat memengaruhi kemampuan tubuh memproses oksigen dengan baik.

 BACA JUGA:Bahaya Cuaca Panas, Sejumlah Penyakit Mengintai Kesehatan

Gangguan Kesehatan Mental

Gelombang panas yang berkepanjangan juga dapat mempengaruhi kesehatan mental. Selama periode panas yang ekstrem, kelelahan, kelelahan, dan kecemasan dapat meningkat, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan psikologis.

 BACA JUGA:Panas Bedekang, Status Extreme Sinar UV. Berikut Arahan BMKG..

Kerusakan pada Jaringan Tubuh

Suhu yang sangat tinggi dapat merusak jaringan tubuh terutama kulit. Hal ini dapat menyebabkan kulit terbakar dan kulit terbakar.

 

Masalah Kesehatan Lingkungan

Gelombang panas yang ekstrem juga dapat menimbulkan masalah kesehatan lingkungan, termasuk peningkatan risiko penyebaran penyakit menular melalui vektor seperti nyamuk.

 

Untuk mencegah dampak gelombang panas ekstrem terhadap kesehatan, penting untuk melakukan tindakan pencegahan berikut: 

Minum banyak cairan, hindari berada di luar ruangan pada jam-jam terpanas, kenakan pakaian yang sesuai, dan gunakan AC jika memungkinkan.

Selain itu, masyarakat dan pemerintah harus mengambil langkah-langkah untuk melindungi populasi rentan dan menyediakan tempat.

 

Sumber: