Bahaya Cuaca Panas, Sejumlah Penyakit Mengintai Kesehatan

Bahaya Cuaca Panas, Sejumlah Penyakit Mengintai Kesehatan

DOK/CE Rephi Meido Satria--

CURUP, CURUPEKSPRESS.COM - Cuaca panas ekstrem yang terjadi belakangan ini atau disebut dengan fenomena lanino.

Dimana panas yang terjadi melebihi suhu panas pada umumnya.

Menanggapi hal tersebut Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong mengimbau agar masyarakat dapat menjaga Kesehatan.

Dikatakan Plt Kadinkes Kabupaten Rejang Lebong, Rephi Meido Satria SKM, terdapat sejumlah penyakit yang mengintai kesehatan masyarakat di tengah cuaca panas ekstrem yang terjadi.

BACA JUGA:

"Menghadapi cuaca panas ini, jagalah selalu kesehatan dan menjaga waktu istirahat. Kalau tidak ada kegiatan diluar lebih baik istirahat di rumah saja, karena ada penyakit-penyakit yang bisa menyerang kesehatan di cuaca panas itu," katanya.

Dirinya melanjutkan, adapun penyakit dimaksud antara lain seperti batuk pilek, ISPA, radang tenggorokan, demam, dehidrasi dan bahkan diare. Terlihat hanya penyakit biasa, tapi tetap apabila seseorang terserang salah satu dari penyakit tersebut maka aktivitas dan kegiatan sehari-harinya akan terganggu.

"Yang namanya penyakit tidak bisa diprediksi kapan datangnya, tapi kita tentu harus mewaspadai hal itu sebelum terjadi," ujar Rephi.

Beberapa hal yang bisa dilakukan, sebut dia, yakni menghindari dan mencegah dehidrasi dengan minum air putih yang banyak.

Jangan menunggu haus, serta banyak makan buah dan sayur-sayuran segar.

BACA JUGA:

"Perbanyak minum air putih supaya tidak dehidrasi. Terus kalau bisa ketika aktivitas keluar bawa selalu alat semprot untuk kulit supaya lembab dan terjaga dari sinar matahari langsung," jelasnya.

Selain itu, apabila tidak ada kepentingan/keperluan diluar rumah maka lebih baik berdiam diri di rumah guna menghindari kontak dengan sinar matahari secara langsung.

"Kalau sekiranya tidak begitu penting keluar rumah, ya diam saja. Atau bisa juga menggunakan topi atau payung sebagai pelindung ketika menjalani aktivitas keluar rumah," imbuhnya. 

Sumber: