Pentingnya Belajar Sejarah Bagi Diri Sendiri Dan Untuk Kehidupan Sehari-hari

Pentingnya Belajar Sejarah Bagi Diri Sendiri Dan Untuk Kehidupan Sehari-hari

ILUSTRASI/NET --

BACA JUGA:Tata Krama Berkunjung ke Tempat Bersejarah: Menjaga Kelestarian Warisan Budaya

3. Belajar Dari Kesalahan

 

Belajar sejarah juga akan membuat kamu belajar dari kesalahan. Dengan kata lain, belajar sejarah berarti kamu kesalahan yang sama. Selain itu, kamu harus bisa  membuat keputusan yang bisa memberi dampak positif bagi kehidupan sehari-hari.

Perlu diketahui jika suatu peristiwa dianggap bersejarah apabila memiliki dampak bagi kehidupan selanjutnya. Dimana kesalahan itu terjadi karena adanya keputusan di massa lalu.

Dengan kata lain, Belajar dari kesalahan dan keberhasilan dalam sejarah membantu kita menghindari pola-pola yang merugikan dan mengadopsi pendekatan yang lebih bijaksana dalam menghadapi tantangan kehidupan sekarang ini. 

BACA JUGA:Peneliti Ekspos Temuan Benda Bersejarah

4. Menambah Pemahaman Tentang Dunia

 

Belajar sejarah akan menambah pemahaman kamu tentang dunia. Pemahaman seperti ini akan membawa kamu untuk mengerti dunia lebih dalam lagi dari segi politik, ideologi, teknologi, hukum maupun kehidupan sosial yang terbentuk di dalamnya.

Melalui peristiwa sejarah, kamu akan memahami penyebab terjadinya perbedaan antara satu suku, daerah maupun negara dengan negara lainnya.

Setiap negara di dunia ini mengalami peristiwa sejarah yang berbeda pastinya. Dengan kamu mempelajarinya maka akan muncul pemahaman tentang bagaimana budaya suatu negara itu terjadi.

 

5. Memahami Identitas

 

Sumber: