Bahaya Menggunakan Earphone dan Headset Bagi Telinga

Bahaya Menggunakan Earphone dan Headset Bagi Telinga

Ilustrasi menggunakan earphone febri magang ce, sumber ss on pinteres--

ENTERTAIMENT,CURUPEKSPRESS.COM - Menggunakan earphone dan headset sangatlah asik dan menyenangkan, tanpa mengganggu orang di sekitar kita. memggunkan musik melalui earphone dan headset tentunya membuat suara lebih jelas dan jernih. Tetapi menggunakan earphone dan headset yang tidak sesuai anjuran bisa menyebabkan penyakit telinga bahkan telinga bisa menjadi tuli. 

Penggunaan lagu-lagu earphone dan headset tidak jadi masalah. Namun perlu diperhatikan mendengarkan suara melalui earphone dan headset dengan suara melebihi 85 desibel dapat menyebabkan gangguan pada telinga bahkan ketulian. Apalagi mendengarkan suara lebih dari 20 menit akan menimbulkan dampak negatif bagi indra pendengaran kamu. 

BACA JUGA: Mengatasi Telinga Kemasukan Air, Berikut Caranya!!!

Berikut bahaya menggunakan earphone dan headset terlalu lama:

 

1. Telingan terasa sakit

Penggunaan earphone dan headset terlalu lama akan menyebabkan sakit pada telinga. setiap hari bahkan dalam jangka waktu yang lama.

Headset dan earphone yang tidak sesuai ukuran akan menyebankan sakit pada telinga, tekanan pada telinga bagian luar dapat menyebabkan sakit pada gendang telinga bahkan menyebabkan berbagai penyakit lainnya. 

Selain itu, jangan tingkatkan volume yang terlalu tinggi atau mendengarkan suara melebihi 85 desibel yang membuat telinga menjadi sakit jika menggunakannya dalam jangka waktu lama.

BACA JUGA: Jangan Pakai Korek Kuping! Begini Cara Mengeluarkan Semut dari Telinga

2. Kehilangan pendengaran

Penggunaan earphone dan headset dalam jangka yang lama akan menyebabkan kehilangan pendengaran ini merupakan efek yang parah dari penggunaan earphone dan headset.

Hal tersebut bisa terjadi karena, telinga bagian dalam sangat sensitif terhadap suara masuk yang diterima dari perangkat-perangkat tersebut. 

Di dalam telinga, terdapat banyak sel dan beberapa sel memiliki struktur, seperti rambut kecil yang disebut sel rambut. Sel rambut memiliki fungsi sebagai pemancar suara yang berjalan dari telinga ke otak untuk diproses lebih lanjut.

Sumber: