Atasi Amarah dengan Amalan Ini, Selain Mereda Juga Berpahala

Atasi Amarah dengan Amalan Ini, Selain Mereda Juga Berpahala

Ali Jaber.-istimewa-

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Islam sendiri memang tidak pernah melarang manusia untuk marah karena hal itu manusiawi. Manusia adalah makhluk yang memiliki emosi di dalam dirinya. Ada banyak jenis emosi yang bisa mempengaruhi bagaimana cara manusia menjalani hidupnya dan berinteraksi dengan orang lain.

Tidak jarang, manusia seringkali dikuasai oleh emosinya sendiri, padahal seharusnya manusialah yang mengontrol emosi-emosi tersebut. Emosi sangat mempengaruhi kehidupan manusia, mulai dari pilihan yang kita buat, tindakan yang kita ambil dan semua persepsi yang kita miliki terhadap sesuatu.

 

Dalam sebuah hadits Rasulullah pernah bersabda sebagai berikut,

 

وقال ابن مسعود قال النبي صلى الله عليه و سلم مَا تَعُدُّوْنَ الصُّرْعَةَ فِيْكُمْ قلنا الذي لا تصرعه الرجال قال لَيْسَ ذَلِكَ وَلَكِنَّ الَّذِي يَمْلِكُ نَفْسَه عِنْدَ الغَضَبِ

 

Artinya : "Ibnu Mas'ud RA berkata, Rasulullah saw bertanya, 'Apa yang kalian pikirkan tentang tarung?' kami menjawab, 'Orang yang tidak terkalahkan dikeroyok beberapa orang.' 'Bukan itu, tapi petarung sejati ialah orang yang mengendalikan dirinya ketika marah,' jawab Rasulullah saw," (HR. Muslim).

BACA JUGA:Ini Dia Manusia Terburuk Menjelang Hari Kiamat, Kata Syekh Ali Jaber

Ada sebuah amalan yang diajarkan oleh mendiang Syekh Ali Jaber. Amalan itu diterangkan Syekh Ali dalam tayangan di kanal youtube @cintaraudah beberapa tahun lalu.

Setiap kali kamu marah coba lakukan amalan ini, yaitu bersedekah setiap marah. Kenapa demikian? 

Karena Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wa Sallam bersabda, yang artinya "sedekah itu mampu memadamkan kemurkaan Allah".

Saya mengambil kesimpulan, kalau sedekah mamu memadamkan kemurkaan Allah dan dan kemarahan Allah, apalagi kemarahan kita. Makanya salah satu yang mengobati sifat marah kita adalah bersedekah.

Dan ini bukan kata saya, dan bukan hanya dari hadits Rasulullah saja, tapi ada juga ayatnya di dalam Al-Quran tepatnya dalam Surah Al-Imran ayat 133 dan 134.

Sumber: