Tayamum Untuk Orang Yang Sedang Sakit, Umat Muslim Harus Tau !!!

Tayamum Untuk Orang Yang Sedang Sakit, Umat Muslim Harus Tau  !!!

ILUSTRASI/sumber :ss youtube RS sari asih-ILUSTRASI/NET-

NASIONAL,CURUPEKSPRESS.COM - Tayamum adalah prosedur dalam Islam yang digunakan untuk membersihkan diri ketika air tidak tersedia atau tidak dapat digunakan untuk berwudhu, berkaitan dengan persiapan sebelum shalat.

Ini melibatkan mengusap tangan dan wajah dengan tanah atau debu suci sesuai dengan aturan tertentu. Tayamum adalah alternatif ketika tidak ada air, atau didalam kondisi tertentu yang tidak boleh terkena air.

BACA JUGA:Hati-hati! Syirik Ringan yang Bisa Menghapuskan Semua Amal Ibadah

Tayammum sudah disyari’atkan didalam islam dengan berdasarkan dalil al-Qur’an, dan sunnah, Allah SWT berfirman dalam surat Al Maidah ayat 6 dan sabada Rasulullah SAW.

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

 

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan salat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur”.

BACA JUGA:UAH Bocorkan Tips Jitu Agar Istiqomah Dalam Beribadah

Berikut  cara tayamum untuk orang yang sedang sakit

 

1. Berniat

Dalam ibadah yang perlu diperhatikan adalah memiliki niat. Berniat untuk mensucikan diri dengan cara tayamum bisa kamu ucapkan sebagai berikut : 

"Nawaytu tayammuma li istibaakhati sholati lillahi ta'ala." Yang memiliki arti:"Aku berniat tayamum agar diperbolehkan sholat karena Allah."

Sumber: