Mengapa Orang Rentan Sakit Saat Musim Hujan ?

Mengapa Orang Rentan Sakit Saat Musim Hujan ?

ILUSTRASI/NET.--

HEALTH,CURUPEKSPRESS.COM - Musim hujan seringkali diiringi oleh cuaca yang lembab dan dingin, yang dapat berdampak pada kesehatan banyak orang. Musim hujan seringkali menjadi waktu yang diantisipasi oleh banyak orang, salah satu kelompok yang rentan mengalami gangguan kesehatan selama musim hujan adalah orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Berikut adalah mengapa Mengapa Orang Rentan Sakit Saat Musim Hujan



1. Kelembaban dan Pertumbuhan Mikroba:


Musim hujan cenderung meningkatkan tingkat kelembaban udara. Kelembaban yang tinggi menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan mikroba, termasuk bakteri dan jamur. Sebagai akibatnya, risiko infeksi saluran pernapasan atas dan infeksi kulit meningkat.

BACA JUGA:



2. Penyebaran Penyakit Tular Air


Hujan dapat menyebabkan genangan air yang menjadi tempat berkembang biak bagi nyamuk dan serangga lainnya. Ini membawa risiko penularan penyakit seperti demam berdarah, malaria, dan demam chikungunya.

Sebagai seorang reporter, saya telah melihat dampak langsung dari peningkatan kasus penyakit ini selama musim hujan.



3. Perubahan Suhu dan Sistem Kekebalan Tubuh


 Perubahan suhu yang umum terjadi selama musim hujan dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Suhu yang fluktuatif dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi virus, seperti flu dan pilek.

Sebagai seorang reporter, saya telah mendokumentasikan peningkatan kunjungan ke fasilitas kesehatan selama musim hujan karena gejala-gejala ini.

BACA JUGA:



4. Kondisi Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat


Faktor seperti sanitasi yang buruk dan air bersih yang sulit diakses dapat meningkatkan risiko penyakit di komunitas tertentu.

Dengan memahami penyebab orang rentan sakit selama musim hujan, kita dapat lebih siap menghadapinya. Kesadaran akan upaya pencegahan dan perawatan diri yang baik dapat membantu menjaga kesehatan, terutama bagi mereka yang rentan terhadap berbagai dampak negatif musim hujan.

Sumber: