Ini Tanda Ajal Sudah Dekat, Maka Jangan Tinggalkan Amalan Ini Kata Ustadz Abdul Somad

 Ini Tanda Ajal Sudah Dekat, Maka Jangan Tinggalkan Amalan Ini Kata Ustadz Abdul Somad

abdul somad-ist-

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Setiap yang memiliki nyawa dan hidup di atas dunia ini, maka pastilah dia akan mengalami yang namanya kematian. Akan tetapi sebelum ajal atau kematian itu tiba, kerap ada tanda-tanda yang bisa diketahui ajal itu sudah dekat.

Namun tetap pada hakikatnya, ajal merupakan suatu hal mutlak yang menjadi ketentuan Allah Subhanahu wa taal. Tidak ada satu pun manusia yang mengetahui kapan dan bagaimana ajal seseorang akan datang menjemput.

Meski begitu ada tanda-tanda semakin dekatnya ajal bisa diketahui manusia. Malaikat maut pun punya caranya sendiri untuk memberi tahu manusia jika ajal mereka hampir tiba alias sudah dekat. Pendakwah yang masyhur di kalangan masyarakat, Ustadz Abdul Somad dalam kesempatan ceramahnya pernah membeberkan tentang tanda-tanda ajal seseorang itu sudah dekat.

BACA JUGA: Siapa Hamas Itu Sebenarnya? Ini Penjelasan UAS

Dari riwayat-riwayat yang ada, beberapa Nabi sebelumnya pernah bertanya kepada malaikat pencabut nyawa mengenai cara malaikat maut memberitahu bila ajalnya akan tiba. Mereka bertanya apakah ada tanda atau aba-aba dari sang malaikat. Ternyata ada tanda-tanda yang diberikan oleh malaikat tersebut.

Tanda-tanda dimaksud diantaranya ialah termasuk uban, penglihatan yang sudah tidak baik (memudar), serta kurang pendengaran yang identik dengan usia tua seseorang maupun penyakit yang umumnya tergolong berat. Lalu bagaimana cara kita sebagai umat muslim dalam menyikapi hal itu?

Maka jelas kita harus mempersiapkan bekal sebanyak mungkin, sebelum ajal itu datang menjemput sehingga ketika mati, kita dalam keadaan husnul khatimah, InsyaAllah. Dalam video ceramah di Channel YouTube @TAMAN SURGA.Net, Ustadz Abdul Somad memaparkan bekal yang harus dipersiapkan sebelum ajal menjemput.

"Zikir tidak boleh putus" kata Ustadz Abdul Somad pada tayangan yang diunggah beberapa tahun lalu.

BACA JUGA:Hal Ini Bisa Kita Lakukan untuk Palestina, Begini Kata UAS

Ustadz Somad lun memberikan sebuah contoh, polisi yang bertugas mengentaskan kejahatan dan hembusan nafasnya tak pernah putus dari zikir, maka ketika meninggal dalam tugas termasuk mati jihad fisabilillah.

Kemudian berapa polisi yang tertembak karena urusan negara, berapa yang terbunuh karena menangkap pengedar narkoba, ucap Ustadz Abdul Somad. Ketika meninggal, meleleh lah air mata istrinya melepas jenazah, tapi ruhnya senyum. Kenapa wajahnya tersenyum? tanya Ustadz Somad.

Karena sebelum meninggal malaikat sudah mengepakkan sayapnya menunjukan tempatnya di surga, demikian Abdul Somad.

Sumber: