CATAT.. Pupuk Subsidi Hanya untuk Komoditi Ini

CATAT.. Pupuk Subsidi Hanya untuk Komoditi Ini

ILUSTRASI Pupuk Subsidi-ILUSTRASI/NET-

HOTNEWS,CURUPEKSPRESS.COM - Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong mengungkapkan, bahwa pupuk bersubsidi yang dialokasikan oleh Pemerintah Pusat tahun ini hanya untuk 9 jenis komoditi saja.

"Masih sama seperti tahun sebelumnya, pupuk subsidi yang disalurkan pusat ke daerah-daerah cuma untuk 9 komoditi pangan," ucap Kepala Distankan Rejang Lebong, Ir Zulkarnain MT melalui Kabid Sarana dan Prasarana, Tirmidzi kepada CE, kemarin.

BACA JUGA:Jatah Pupuk Subsidi di Curup Hanya Tersisa 1.648 Ton

 

 

 

Adapun kesembilan komoditi pangan dimaksud, sebut dia, antara lain padi, jagung, kedelai, kopi, kakao, tebu, bawang putih, bawang merah dan cabai.

"Sehingga di luar dari 9 jenis komoditi pangan itu, maka pupuk subsidi tidak disalurkan," tutur dia.

Lebih jauh dirinya menerangkan, alokasi atau jatah pupuk bersubsidi untuk Rejang Lebong tahun ini dijatah sebanyak 3.509 ton. Jumlah tersebut menurun jika dibandingkan dengan jumlah alokasi pupuk subsidi pada tahun 2023 sebanyak 3.887 ton.

BACA JUGA:Pupuk Bersubsidi RL Hanya Dijatah Segini

 

 

"Jatah pupuk bersubsidi bagi Rejang Lebong tahun 2024 ini sebanyak 3.509 ton, sedikit menurun dari tahun sebelumnya," ungkap dia.

Menurut dia, pihaknya sedikit menyesali kebijakan Pemerintah Pusat karena telah mengurangi jatah pupuk bersubsidi untuk petani di Rejang Lebong. Sedangkan pada tahun 2023 lalu pihaknya telah berupaya melalui penyuluh pertanian agar justru jatah alias alokasi pupuk bersubsidi di tahun 2024 ini bisa naik.

Sumber: