Inilah Sejarah Masjid Jamik Di Bengkulu

Inilah Sejarah Masjid Jamik Di Bengkulu

Sejarah Masjid Jamik Di Bengkulu-ILUSTRASI/NET-

CURUPEKSPRESS.COM - Masjid Jamik Bengkulu adalah adalah salah satu masjid bersejarah di Kota Bengkulu, Bengkulu. Masjid Jamik Bengkulu merupakan salah satu karya arsitektur oleh Soekarno selama masa pengasingan di Bengkulu. Masjid Jamik Bengkulu adalah salah satu ikon budaya dan sejarah Bengkulu.

Berikut sejarah Masjid Jamik Bengkulu:

Masjid Jamik Bengkulu berada di Jalan Jenderal Suprapto, Kelurahan Penggantungan, Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu. Masjid yang memiliki luas 1860 m² berada di daerah lingkungan pasar.

BACA JUGA:Tips Agar Anak Tenang saat Diajak Sholat Berjamaah di Masjid

BACA JUGA:Info Haji, Jemaah Haji Rejang Lebong Lakukan Ibadah di Masjid Nabawi dan ke Raudhah

 

Masjid Jamik Bengkulu menurut catatan sejarah nya, pada mulanya berdiri di Kelurahan Bajak, yaitu di sekitar lokasi makam pahlawan Nasional Sentot Alibasyah Prawiradirja.


Masjid Jamik-ILUSTRASI/NET-

Namun pada sekitar abad ke-18 masjid ini di pindahkan ke lokasi sekarang yaitu di jalan Soeprapto.

Ir. Soekarno, salah satu pahlawan Nasional kita dianggap melanggar peraturan karena mengadakan rapat di kota Bandung pada tahun 1930.

Karena itu, beliau beserta keluarga menjalani hukuman buang. Mulanya Bung Karno dibuang di Flores (Endeh), sebelum akhirnya menjalani sisa-sisa hari di Bumi Raflesia ini sekitar tahun 1938.

BACA JUGA:Bupati dan Wabup Kepahiang Salat Id di Masjid Agung

BACA JUGA:Begini Nasib Masjidil Aqsa di Akhir Zaman, Simak Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

Karena melihat situasi masyarakat setempat yang mendambakan hadir nya sebuah masjid yang megah, maka Ir. Soekarno sebagai seorang arsitek beliau mewujudkan impian masyarakat Bengkulu, dalam bentuk Masjid Jamik Bengkulu Berdiri kokoh dan anggun di tengah jantung kota Bengkulu yang masih dapat anda saksikan hingga saat ini.

Sumber: