Sejarah Piala Dunia Sepak Bola: Dari Awal Mula hingga Era Kontemporer

Sejarah Piala Dunia Sepak Bola: Dari Awal Mula hingga Era Kontemporer

Sejarah Piala Dunia Sepak Bola: Dari Awal Mula hingga Era Kontemporer-ILUSTRASI/NET-

CURUPEKSPRESS.COM - Piala Dunia adalah turnamen sepak bola internasional yang paling bergengsi di dunia.

Turnamen ini diselenggarakan setiap empat tahun sekali dan telah mengalami banyak perubahan sejak turnamen pertamanya pada tahun 1930.

Berikut adalah perjalanan sejarah piala dunia sepak bola dari awal hingga sekarang:

1. Awal Mula (1930-1938)


awal mula piala dunia-ILUSTRASI/NET-

1930 – Uruguay: Piala Dunia pertama diadakan di Uruguay, yang juga merayakan 100 tahun kemerdekaannya. Sebanyak 13 tim berpartisipasi, dan Uruguay keluar sebagai juara setelah mengalahkan Argentina 4-2 di final.

1934 – Italia: Piala Dunia kedua diadakan di Italia. Turnamen ini menjadi yang pertama diikuti oleh tim-tim dari luar Amerika Selatan. Italia, di bawah pelatih Vittorio Pozzo, memenangkan gelar pertama mereka dengan mengalahkan Cekoslowakia 2-1 di final.

1938 – Prancis: Piala Dunia ketiga diadakan di Prancis. Italia berhasil mempertahankan gelar mereka dengan mengalahkan Hungaria 4-2 dalam pertandingan final.

BACA JUGA:Sepak Bola Wanita di Indonesia Perkembangan dan Tantangan yang Dihadapi

BACA JUGA:Sejarah Sepak Bola Indonesia Dari Masa Penjajahan Hingga Masa Kini

 

2. Perang Dunia II dan Periode Pemulihan (1950-1966)

1950 – Brasil: Setelah dibatalkannya Piala Dunia 1942 akibat Perang Dunia II, turnamen dilanjutkan di Brasil pada 1950. Uruguay meraih gelar kedua mereka dengan kemenangan dramatis 2-1 atas Brasil dalam pertandingan final yang dikenal sebagai "Maracanazo."

1954 – Swiss: Jerman Barat menang dalam edisi keempat di Swiss, mengalahkan Hungaria 3-2 dalam final yang dikenal sebagai "Pertandingan Abad Ini."

Sumber: