Resep Chiffon Marmer Cake Cocok untuk Buah Tangan

Resep Chiffon Marmer Cake Cocok untuk Buah Tangan

Chiffon Marmer Cake -ILUSTRASI/NET-

CURUPEKSPRESS.COM - Cita rasa chiffon cake yang biasa dibuat adalah vanila, cokelat, hingga pandan. Namun, chiffon cake memiliki keunikan tersendiri. Tekstur bolu ini sangat ringan, lembut, dan berongga sehingga tidak heran bila disukai banyak orang.

Yuk simak resep dibawah ini.

 

Bahan-bahan:

Bahan basah:

  • 8 buah kuning telur
  • 60 ml minyak sayur
  • 110 ml susu uht plain
  • 60 gr gula pasir halus
  • 100 gr tepung protein rendah 
  • 1 sdt baking powder double action

Bahan meringue:

  • 8 buah putih telur
  • 1/2 SDM air lemon
  • 90 gr gula pasir halus

Bahan marmer:

  • 1 SDM cokelat bubuk kualitas bagus 

BACA JUGA:Resep Kue Kaswi Pandan Citarasa Dessert Tradisional

BACA JUGA:Cantik Nan Enak : Resep Kue Cucur Dua Warna

 

Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan.
  2. Pisahkan kuning dan putih telur.
  3. Ayak tepung terigu, tepung maizena dan gula dihalusin juga di ayak.
  4. Mix gula halus secara perlahan jangan langsung semua ke kuning telur sambil diaduk pake whisk sampai rata. Setelah itu campuran tepung terigu dan maizena di mix perlahan lahan sampai rata.
  5. Tambahkan minyak sayur mix perlahan lahan sambil diaduk rata ke kuning telur. Tekstur nya pas itu kalau tidak kental dan cair bun untuk chiffon kalau terlalu kental bisa tambah minyak sayurnya.
  6. Bikin meringue : taruh putih telur di wadah mixer, campurkan dengan gula halus dan air lemon. Mix dengan kecepatan rendah di awal lalu naik perlahan lahan untuk memastikan bahan rata, aduk dengan mixer sampai soft peak. Untuk bentuk soft peak bunda bisa lihat di google.
  7. Sudah soft peak siapkan dua spatula. Satu untuk ambil meringue dan satu lagi buat aduk balik adonan.
  8. Aduk balik adonan meringue ke adonan kuning telur sampai tercampur rata.
  9. Sudah tercampur rata. Bagi dua adonan satu dikasih cokelat buat marmer.
  10. Buat coraknya : taruh adonan cokelat satu centong sebelahnya adonan kuning satu centong, habis itu seperti itu sampai adonan habis.
  11. Sudah habis adonan bikin motifnya bun di atas adonan. Sebelum dipanggang tusuk tusuk pelan adonan pakai tusuk sate buat keluarin gelembung udara terperangkap. Penting bun gelembung ini menganggu penampilan kue kita dan menghambat kue matang secara merata.
  12. Masukkan adonan ke oven sudah dipanaskan sebelumnya. Untuk suhu saya pake suhu 165 derajat api atas bawah selama 30 menit. Tergantung oven bunda juga. Untuk tangkring bisa pake api sedang. Loyang atas tangkring bunda lepas biar api atas bisa ke kue ini berlaku untuk tangkring.
  13. Perhatikan secara berkala kue chiffon bunda kalo naik dan udh permukaan cokelat emas tandanya kue matang. Abis itu kuenya digantung seperti di foto guna mencegah kue bunda turun jadi tetap tinggi sampai suhu ruang.
  14. Kalau sudah suhu ruang sisir sisinya pake sendok ujungnya tumpul atau pake pisau dekor bisa tapi pelan ya bun pake perasaan, cheilah.
  15. Udah disisir kue siap dipotong dan dinikmati. 

Sumber: