Mengenal Pahlawan Indonesia Asal Kabupaten Kepahiang, Letkol Santoso Surjaatmadja

Mengenal Pahlawan Indonesia Asal Kabupaten Kepahiang, Letkol Santoso Surjaatmadja

Mengenal Pahlawan Indonesia Asal Kabupaten Kepahiang, Letkol Santoso Surjaatmadja-ILUSTRASI/NET-

CURUPEKSPRESS.COM - Kabupaten Kepahiang  merupakan ibu kota Kabupaten Kepahiang yang telah menjadi pusat pemerintahan dari Kabupaten Kepahiang.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu pahlawan indonesia yang berasal dari Kabupaten kesayangan kita yaitu Kabupaten Kepahiang.

BACA JUGA:5 Sikap Pahlawan yang Patut Kita Contoh Sebagai Penerus Bangsa Indonesia!

BACA JUGA:7 Daftar Nama Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI

Kabupaten Kepahiang juga memiliki pahlawan yang berjasa yang berasal dari sini, yang bernama Letkol Santoso Surjaatmadja.


Mengenal Pahlawan Indonesia Asal Kabupaten Kepahiang, Letkol Santoso Surjaatmadja-ILUSTRASI/NET-

Letkol Santoso Surjaatmadja lahir di Magelang pada 1920, beliau pindah ke Kepahiang dibawa oleh paman nya pada saat masih usia kanak-kanak.

Letkol Santoso Surjaatmadja memiliki hobi bermain musik, beliau pandai memainkan biola dan bergabung dengan kelompok musik Melayu Gamat yang ada di Kabupaten Kepahiang.

Letkol Santoso Surjaatmadja juga mengikuti pembelajaran ilmu bela diri tradisional Rejang yang bernama Serlak.

Letkol Santoso Surjaatmadja pernah bersekolah di Hollandsch Inlandsche School (HIS) Taman Siswa di Curup dan bahkan dipercaya menjadi guru bantu HIS Taman Siswa.

BACA JUGA:Inilah 6 Kisah Pahlawan Nasional Indonesia, Ada Presiden Pertama RI!

BACA JUGA:Inilah 4 Pahlawan Nasional yang Berasal dari Aceh

Pada saat itu Rejang Lebong terpilih untuk mengikuti pendidikan militer Giyugun, yang dimana Letkol Santoso Surjaatmadja dan beberapa orang dari curup kelak menjadi tokoh utama perjuangan revolusi fisik di Rejang Lebong.

Letkol Santoso Surjaatmadja menikah pada Agustus 1941 dengan seorang wanita yang bernama Aisyah, seorang wanita Kepahiang yang berdarah Melayu Bengkulu.

Sumber: