Petani Diminta Aktif Berkonsultasi dengan PPL

Petani Diminta Aktif Berkonsultasi dengan PPL

CURUP, CE- Menanggapi beberapa keluhan para petani yang mengeluhkan penyakit yang meneyerang tanaman mereka, Dinas Pertanian mengimbau kepada para petani untuk mengkonsultasikan hal tersebut kepada Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang ada di desa masing-masing. Disampaikan Kabid Perencanaan Pertanian, Syafril Johan bahwa petugas PPL tersebut sudah diterjunkan pada masing-masing desa yang ada di Kabupaten Rejang Lebong ini untuk membantu keluhan para petani tersebut. "Kami sudah menurunkan para Petugas PPL yang pada masing-masing desa di Kabupetn Rejang Lebong ini, Jadi saya himbau kepada para petani, silahkan berkonsultasi kepada mereka mengenai keluhan mereka masing-masing," sampainya.

Syarif mengatakan bahwa petugas PPL yang ada pada setiap desa tersebut memang dikirimkan untuk membantu para petani dalam menyelesaikan berbagai permasalahan meraka. "Meraka sudah kami kirimkan untuk membantu masyarakat yang memerlukan pengarahan, pembinaan, dan juga penyuluhan mengenai hama, penyeb hama, cara penanggulangannya, atau apapun yang berhubungan dengan pertanian dan tentu saja mereka akan siap membantu keluhan para petani tersebut tanpa biaya sepeserpun," sampainya.

Dikatakan oleh Syafril, hendaknya para petani harus semakin aktif dengan adanya PPL yang sudah diberikan untuk masing-masing desa tersebut. "Harapan kami, para petani jangan hanya menunggu adanya penyuluhan maupun pengarahan yang dilaksanakan oleh para PPL tersebujt saja, akan tetapi bila mereka memang mempunyai keluhan atau masalah terhadap tanaman mereka hendaknya langsung saja melapor dan mudah-mudahan petugas kami kan dapat mencarikan solusi atas permasalahan mereka tersebut," terangnya.

Syafril mengatakan, ketidaktahuan para petani tersebut akan dapat terjawab dan terselesaikan jika mereka rutin berkonsultasi dengan petugas PPL tersebut. "Jika saja mereka sering berkonsultasi dengan petugas PPL, saya rasa permasalahan mereka terhadap tanamannya tersebut aka dapat terselesaikan, atau paling tidak pihak PPL dapat mengarahkan mereka mengenai bagaimana dan kemana atau seperti apa cara untuk meneyelesaikan permasalahan mereka tersebut, baik itu berupa hama, penyakit tanaman, maupun yang lainnya," tutupnya. (CW3)

Sumber: