Warga Pengidap HIV/AIDS Nihil Laporan

Warga Pengidap HIV/AIDS Nihil Laporan

KEPAHIANG, CE - Peringatan HIV/AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember kemarin, patut menjadi perhatian bagi Pemerintah Kabupaten Kepahiang. Pasalnya hingga saat ini belum ada laporan warga yang terjangkit maupun menderita HIV/AIDS. Hal ini ditegaskan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kepahiang, Sudarno Kusumo SKm MKes Kamis (1/12) kemarin.

"Saat ini belum ada laporan warga Kepahiang yang terjangkit maupun menderita penyakit HIV/AIDS. Namun tidak menutup kemungkinan jika ada warga yang terjangkit virus yang mematikan tersebut namun tidak melaporkan," sampai Sudarno. Diakui Sudarno bahwa untuk penderita penyakit maupun yang terjangkit virus HIV/AIDS di Kabupaten Kepahiang belum terdeteksi. Padahal pihaknya terus melakukan sosialisasi terhadap bahaya penyakit tersebut.

"Kemungkinan penderita maupun yang terjangkit HIV/AIDS tidak terdeteksi karena mereka cenderung menutupi diri. Padahal kita dari Dinas Kesehatan sendiri memberikan penyuluhan, sosialisasi di masyarakat setiap tiga bulan sekali," ujar Sudarno. Ia juga mengimbau agar masyarakat di Kabupaten Kepahiang bisa menghindar dengan selalu menjaga pola hidup sehat. "Saya mengimbau kepada masyarakat Kepahiang agar selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat. Jangan melakukan hubungan seks bebas(gonta ganti pasangan) serta hindari pengunaan jarum suntik bergantian," pinta Sudarno.

Sebagai pesan bagi masyarakat agar selalu antisipasi akan penyakit HIV/AIDS yang mematikan ini, Sudarno menyampaikan pesan agar masyarakat juga selalu waspada akan penularan penyakit HIV/AIDS yang mematikan ini. "Jangan biarkan ini terjadi. Jagalah keluarga Anda dari penularan HIV/AIDS dengan selalu setia kepada pasangan, tidak melakukan zina, terapkan PHBS, karena penularan bisa melalui jarum suntik, transfusi darah, hubungan seks bebas tanpa mengunakan alat kontrasepsi," demikian Sudarno. (CE3)

Sumber:

Warga Pengidap HIV/AIDS Nihil Laporan

Terkini

Terpopuler

Pilihan