Banyak Warga Muara Kemumu Tak Punya KK

Banyak Warga Muara Kemumu Tak Punya KK

KEPAHIANG , CE - Warga di Kecamatan Muara Kemumu ternyata masih banyak yang tak punya dokumen Kartu Keluarga (KK). Setidaknya sekitar 35% dari total masyarakat di kecamatan tersebut yang berjumlah 2.500 kepala keluarga atau sebanyak 875 kepala keluarga yang belum membuat KK.

Camat Muara Kemumu Holil Bermani SSos kepada koran CE tak menapik hal tersebut. Bahkan menurutya hal ini jugalah yang menjadi faktor sulitnya dalam merealisasikan target E-KTP bagi masyarakat. Sebab salah satu syarat untuk membuat E-KTP adalah KK. "Salah satu faktor belum tercapainya target realisasi E-KTP di Muara Kemumu lantaran masih banyak warga yang belum punya KK," terang Holil.

Ia juga menambahkan bahwa, KK merupakakan salah satu syarat yang diperlukan dalam perekaman E-KTP. "Jadi sebelum melakukan perekaman E-KTP masyarakat wajib miliki KK terlebih dulu. Nah inilah salah satu kendala kita, dimana masyarakat Muara Kemumu 35 persenya belum miliki KK," pungkas Holil. Holil menuturkan bahwa persoalan utama yakni Warga keberatan jika harus membuat KK ke Dinas Capil Kabupaten Kepahiang, dengan pertimbangan jarak dan waktu. Mengingat banyak warga Muara Kemumu yang tinggal di daerah pedalaman.

"Setidaknya warga harus mengeluarkan biaya Rp 100 ribu untuk ongkos jika ingin buat KK di Dinas Capil. Inilah yang jadi alasan warga yang sejauh ini belum miliki KK itu," tegasnya. Jika diperkenankan, ia beharap agar kepengurusan pembuatan KK diserahkan ke masing masing Kecamatan. Sedangkan penandatanganan dilakukan Disdukcapil. "Ini dalam rangka kita mempermudah masyarakat khususnya di Kecamatan Muara Kemumu dalam pembuatan KK," pungkasnya. (CE3)

Sumber: