Camat Minta Jembatan Dibongkar

Camat Minta Jembatan Dibongkar

Irigasi Nyaris Jebol

CURUP, CE - Kondisi saluran irigasi yang nyaris jebol, akibat adanya penyumbatan di jembatan RT 09 Kelurahan Air putih Baru. Camat Curup Selatan, Lasmono SH minta agar jemabatan tersebut dibongkar. Disampaikan Camat, rencana pembongkaran tersebut baru akan dilakukan setelah adanya informasi dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Rejang Lebong mengenai status tanah tebing yang ada samping irigasi apakah tanah inspeksi atau bukan.

"Karena rencananya tanah tersebut akan dibuat jalan alternatif, sehingga jembatan tersebut dapat dihancurkan. Mengenai hal tersebut telah saya sampaikan pada pak Suhadi (Kabid Perairan Dinas PU Rejang Lebong, red) saat mereka memantau lokasi irigasi tesrebut pada hari Sabtu (18/02) kemarin," ujar Camat. Disampaikannya bahwa tanah inspeksi tersebut biasanya ada jika adanya pembangunan saluran drainase. Jadi saat ini masih menunggu konfirmasi dari pihak PU berapa lebar dari tanah inspeksi yang ada.

"Untuk lebarnya sendiri ini kita tidak tahu, karena nanti itu pihak PU yang kan mengecek," terangnya. Disisi lain, pihaknya juga akan mengirimkan surat permohonan penanggulangan pada pihak Dinas PU dan BPBD. "Memang sebelumnya surat dari kades terkait pengaduan tersebut memang sudah ada. Tapi untuk lebih menguatkan, akan lebih baik pihak Kecamatan juga ikut menyurati. Nanti kami juga akan surati pihak PU dan BPBD untuk lebih menguatkan surat dari kades kemarin," jelasnya.

Kemudian terkait laporan dari pihak kades Rimbo Recap beberapa waktu yang lalu, Kabid Perairan Dinas PU Rejang Lebong, Suhadi menyampaikan bahwa surat laporan tersebut sudah disampaikan oleh Plt Kadis PU, Slamet Raharjo. Menurut informasinya, Suhadi mengatakan bahwa saat ini surat tesebut baru akan dikoordinasikan kepada Bupati Rejang Lebong, H Ahmad Hijazi SH MSi.

"Menurut informasi dari pak kadis, hal itu baru akan dikoordinasikan pada Bupati," ucapnya. Kemudian disampaikan oleh Tapi (35) salah satu warga RT 09 Kelurahan Air Putih Baru, bahwa pada hari selasa (21/02) kemarin saluran irigasi tersebut baru saja dibersihkan oleh pihak Masyarakat Rimbo Recap. Mereka dibantu juga oleh sebagian masyarakat RT 09 dan beberapa orang dari Koramil. Pembersihan tersebut bertujuan untuk memperlancar arus air untuk mencegah jebolnya irigasi dan penyumbatan air sementara.

"Kemarin memang ada warga rimbo recap bersama anggota koramil dan beberapa orang yang berpakaian dinas kesini untuk gotong royong membersihkan saluran irigasi disini, syukurnya sekarang sudah agak lancar," tandasnya. (CE2)

Sumber:

Camat Minta Jembatan Dibongkar

Terkini

Terpopuler

Pilihan