Selain Untuk Konsumsi “Beluluk” Juga Sebagai Bahan Kosmetik

Selain Untuk Konsumsi “Beluluk” Juga Sebagai Bahan Kosmetik

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Jika selama ini, masyarakat umum hanya mengetahui kolang kaling (beluluk) atau buah aren, hanya dapat dihadikan bahan konsumsi yang banyak dijual jelang Puasa Ramadhan. Ternyata, beluluk juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik.
"Buah tua dan muda semuanya punya nilai ekonomis, karenanya kami tidak hanya mengelola kolang kaling muda untuk panganan buka puasa atau yang juga kerab dibuat manisan. Buah yang tua pun kami ola kerena juga laku dijual," kata Alen (32) warga Desa Air Meles Atas kecamatan Selupu Rejang. Yang keseharannya selama 3 tahun ini mengelola kolang kaling.

Disebutkannya buah kolang kaling produksinya, banyak diminati masyarakat, bukan hanya untuk warga Kabupaten Rejang Lebong tapi juga dijual sampai keluar daerah, seperti Bengkulu dan bahkan sampai ke Pulau Jawa, Jakarta dan Yogyakarta.
"Kolang kaling tua, peminatnya berbedah tidak seperti kolang kali muda yang hanya banyak permintaan saat bulan puasa saja. Khusus kolang kaling tua kapan saja bisa dijual," ujarnya.

Sambung Alen, kolang kaling yang muda digunakan untuk membuat makanan yang banyak diminta ketika bulan puasa. Sedangkan kolang tua atau yang sering disebut kaling jangek banyak diminta karena digunakan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik.
“Untuk harga jual kolang kaling tua memang sedikit lebih murah dibandingkan dengan kolang kaling muda, saat ini kami jual untuk yang tua Rp 3. 500/kg kalang kaling muda Rp. 6000/Kg," sebut Alen.

Disampaikan Alen, dalam seminggunya Alen dapat memproduksi kolang kaling tua mencapai 1 ton.
"Tergantung dengan bahan baku, kalau lagi musim bisa banyak, tapi kalau lagi kosong kami produksinya sedikit, tapi rata-rata perminggunya bisa menyampai 1 ton," pungkasnya (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: