Lebong Masih Kekurangan 3.541 PNS

Lebong Masih Kekurangan 3.541 PNS

Kabag Organisasi Setdakab Lebong, Heri Setiawan ST--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong saat ini masih kekurangan 3.541 pegawai negeri sipil (PNS).

Kekurangan ribuan PNS tersebut berdasarkan hasil analisis jabatan (Anjab) yang dilakukan Pemkab Lebong. 

Kabag Organisasi Setdakab Lebong, Heri Setiawan ST mengatakan idealnya Kabupaten Lebong memiliki 5913 orang. Hanya saja, saat ini Kabupaten Lebong baru memiliki 2373 orang atau 40 persen dari total kebutuhan PNS. 

"Kalau untuk kebutuhan PNS di Kabupaten Lebong, berdasarkan anjab itu idealnya sebanyak 5913 pegawai, namun ketersediaan pegawai kita saat ini berjumlah 2372 orang. Artinya kita masih kekurangan 3,541 orang. Termasuk kebutuhan tenaga guru dan kesehatan," kata Heri. 

BACA JUGA :  Pelajar SMAN 13 RL Ikuti Pembuatan KTP di Sekolah 

Dijelaskan Heri, terjadinya kekurangan pegawai di lingkup Pemkab Lebong tersebut tidak hanya terjadi pada tenaga guru dan tenaga kesehatan saja, namun menurutnya ada beberapa tenaga teknis di beberapa OPD juga masih mengalami kekurangan.

"Yang lebih mendominasi itu pegawai tenaga guru dan juga kesehatan meskipun tenaga teknis tidak sebanyak jumlah tersebut," imbuhnya.

BACA JUGA :  Susah Sinyal, SDN 48 RL Optimis Sukses ANBK 

Lebih jauh ditambahkannnya dari total keseluruhan kebutuhan pegawai tersebut kemungkinan nantinya akan bertambah mengingat terjadinya perubahan nomenklatur dan lahirnya OPD baru belum lama ini.

"Kemudian dengan adanya perubahan nomenklatur kemarin tentunya kebutuhan pegawai kita nanti akan bertambah juga, tapi itu belum dihitung jumlahnya," lanjutnya.

BACA JUGA :  Angkutan Ini Dilarang Pakai BBM Bersubsidi 

Meskipun demikian dirinya menilai terkait pemenuhan kebutuhan pegawai tersebut, harus juga dilihat juga dilihat dari sisi kemampuan keuangan daerah.

"Tetapi untuk memenuhi kuota ideal itu tadi kembali melihat kemampuan daerah, dan terkait rasio belanja pegawainya," pungkasnya.

 

Sumber: