Pilkades Serentak 2023 Ditaksir Habiskan Anggaran Rp 1,6 M

Pilkades Serentak 2023 Ditaksir Habiskan Anggaran Rp 1,6 M

DOK/CE Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan Masyarakat Sosial Budaya dan Pemerintah Desa, Bobby H Santana SSTP--

CURUP,CURUPEKSPRESS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong (RL) pada tahun 2023 mendatang akan mengelar pemilihan kepada desa (Pilkades) secara serentak yang akan diikuti sebanyak 66 desa.

Dimana antaranya 61 desa yang masa jabatan Kadesnya telah berakhir pada awal Agustus lalu, dan 5 desa tambahan yang masa jabatan pemerintahannya berakhir pada 2023 mendatang.

Menyusul banyaknya desa yang akan mengelar Pilkades serentak pada tahun 2023 mendatang, yang kesemuanya dipastikan akan difasilitasi Pemkab RL.

Berapa anggaran yang diperkirakan akan dihabiskan  untuk mengelar dan mensukseskan agenda 6 tahuan itu?

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong, Suradi Rifai SP MSi, melalui Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan Masyarakat Sosial Budaya dan Pemerintah Desa, Bobby H Santana SSTP yang dikonfirmasi, menyebutkan estimasi atau perkiraan anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pilkades serentak 2023 mendatang, diperkirakan mencapai Rp 1,6 miliar lebih.

"Sekarang kami (PMD, red) masih dalam tahap penyusunan perencanaan. Belum ada angka pastinya karena semua harus kami siapkan dan dilakukan penghitungan secara matang. Agar nanti pelaksanaannya bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama<' ucap Bobby.

Dikatakan Bobby, namun sebelumnya PMD RL telah mencoba untuk mensimulasikan kebutuhan anggaran untuk pelaksanaan Pilkades serentak di 61 desa yang masa jabatan Kedesnya berakhir pada 2022 ini yang diperkirakan akan menghabisi anggaran sebesar Rp 1,6 miliar lebih.

Hanya saja angka tersebut dipastikan bertambah menyusul keikutsertaan 5 desa yang masa jabatan kadesnya berakhir pada 2023 mendatang.

"Untuk total pastinya belum bisa kami sampaikan, yang jelas kami pastikan ada perubahan angka dari yang sebelumnya sudah kami susun. Selain dikarenakan adanya penambahan desa yang ikut melaksanakan pilkades, juga nanti mengikuti dengan harga satuan barang pada tahun 2023 dimana pelaksanaan Pilkades akan digelar," jelasnya.

Dijelaskannya, angaran Pilkades yang nantinya diperlukan, meliputi, kebutuhan anggaran untuk  pencetakan  surat suara, kebutuhan TPS desa, honor petugas dan juga kebutuhan lainnya yang menyangkut pelaksanaan Pilkades.

Sumber: