Bupati dan Wabup Monitoring Pilkades

Kamis 22-12-2016,13:16 WIB
Reporter : Curup Ekspress
Editor : Curup Ekspress

LEBONG, CE - Sebanyak 5 tim monitoring yang terdiri dari tim Bupati dan tim Wakil Bupati (Wabup) Lebong, Ketua DPRD Lebong, tim Wakil Ketua DPRD Lebong dan tim Inspektur Inspektorat Kabupaten Lebong bersama jajaran perangkat daerah Kabupaten Lebong Rabu (21/12) mengadakan monitoring ke sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Masing–masing tim yang di pimpin Bupati Lebong akan melakukan monitoring di wilayah Kecamatan Rimbo Pengadang, Kecamatan Topos dan Kecamatan Lebong Selatan. Tim yang dipimpin Wakil Bupati Lebong wilayah Kecamatan Bingin Kuning, Kecamatan Lebong Sakti, Kecamatan Lebong Tengah dan Kecamatan Uram Jaya. Tim yang di pimpin Ketua DPRD Lebong, wilayah Kecamatan Lebong Utara dan Kecamatan Amen.

Tim yang di pimpin Wakil Ketua DPRD Lebong wilayah Kecamatan Pelabai dan Kecamatan Lebong Atas. Serta Tim yang dipimpin Inspektur Inspektorat, wilayah Kecamatan Pinang Belapis. Dalam monitoring itu, Bupati Lebong H Rosjonsyah meminta agar pimpinan wilayah khususnya camat yang desanya melaksanakan Pilkades agar tetap memantau situasi dan kondisi supaya tetap aman dan kondusif. "Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan segera koordinasi dengan panitia atau pihak keamanan,” jelasnya.

Sementara itu Wabup Lebong, Wawan Fernandez saat melakukan monitoring di TPS Desa Pelabuhan Talang Leak Kecamatan Bingin Kuning Kabupaten Lebong mengatakan bahwa tidak ada temuan kecurangan selama monitoring yang dilakukannya. Dalam artian pelaksanaan pesta demokrasi ini berjalan lancar.  Dalam monitoring itu Wawan mengajak kepada para calon kepala desa agar siap menang dan siap untuk kalah. Karena Pilkades merupakan pesta demokrasi apapun hasil dan keputusannya harus diterima oleh para Cakades. “Saya mohon dengan hormat  kepada para calon kades, karena pilkades ini merupakan pesta demokrasi masyarakat, saya yakin semua calon sudah siap menang dan siap kalah. Apapun keputusannya harus diterima dengan lapang dada,” sampainya.

Wabup juga meminta, agar untuk calon Kades yang menang tidak menyombongkan diri dan yang kalah tidak berkecil hati serta tidak mutung. Selain itu Cakades juga diminta agar mengajak tim suksesnya serta pendukungnya agar setelah penetapan hasil Pilkades kondisinya tetap kondusif. "Saya yakin para calon sudah siap menang dan kalah apapun keputusannya pasti diterima dengan lapang dada. Untuk yang menang saya harap tidak menyombongkan diri  dan yang kalah tidak berkecil hati dan tidak mutung dan saya minta dengan hormat agar nantinya  menjaga  suasana tetap kondusif. Saya juga meminta agar calon kades mengajak tim suksesnya serta pendukungnya supaya mengkondisikan setelah penetapan hasil pilkades kondisinya tetap kondusif,” tutupnya.

Segera di umumkan Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setkab Lebong, Firdaus mengatakan bahwa hasil Pilkades yang dilaksanakan Rabu (21/12) akan hasilnya akan segera diumumkan. Sedangkan pelantikan Kades akan dilakukan sesuai jadwalnya yakni pada pada tanggal 29 Desember mendatang. "Pelantikan kades terpilih rencananya akan dilaksanakan secara serentak pada (29/12) dan direncanakan akan dilaksanakan di aula pemda,” jelas Firdaus. Seperti diketahui Kabupaten Lebong tahun ini menyelenggarakan Pilkades yang diikuti 238 peserta calon kades dari 65 desa yang tersebar di 12 kecamatan. (CW2)
Tags :
Kategori :

Terkait