DPMPTSP Rawat Lampu Jalan, Jaga Lingkungan Kota Tetap Bercahaya

Kamis 05-08-2021,09:33 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Rejang Lebong, tengah melakukan perawatan lampu jalanan sepanjang Kota Curup. Pelaksanaan program tersebut dilakukan dengan tujuan menjaga lingkungan kota tetap bercahaya.

"Kegiatan sudah berjalan dari awal tahun kemarin. Kita hanya memfokuskan masalah-masalah yang terjadi di kawasan kota dulu, baru nanti keluar. Ini merupakan program rutinan kita setiap tahunnya," ungkap Kepala DPMPTSP Kabupaten Rejang Lebong, Bambang Budiono, SE ketika diwawancara CE, Rabu (4/8).

Dirinya menjelaskan dalam dua tahun terakhir DPMPTSP hanya menjalankan program pemeliharaan instalasi listrik pada lampu jalan. Sedangkan untuk pengadaan lampu jalan itu ditiadakan dengan alasan tidak adanya anggaran.

"Selama dua tahun ini yakni 2020 dan 2021, kita DPMPTSP hanya fokus pada pemeliharaan saja, seperti memperbaiki instalasi listrik yang rusak, lampu jalan yang rusak," terangnya.

Adapun anggaran yang dialokasikan untuk mensukseskan program pemeliharaan instalasi listrik itu sebesar Rp 300 juta. Namun terjadi refocusing dana sebesar Rp 25 juta, sehingga hanya tinggal Rp 275 juta lagi yang tersedia untuk menjalankan program tersebut. Kemudian dengan anggaran tersebut diperuntukkan sebanyak 6000 titik lampu di Kabupaten Rejang Lebong.

"Dari anggaran segitu sudah sangat jelas tidak mungkin bisa mencukupi untuk biaya pemeliharaan lampu sebanyak 6000 titik. Nah oleh karenanya, kami pilih titik-titik yang memang sifatnya darurat atau urgent. Kemudian kami mulailah dari jalanan kota," tuturnya.

Selanjutnya dirinya menambahkan, jalan yang telah mendapatkan pemeliharaan dan perbaikan diantaranya Jalan Sukowati, Jalan Dwi Tunggal, Jalan sepanjang Talang Rimbo, Jalan Kartini, lampu sorot di Lapangan Setia Negara, lampu Tugu Adipura dan lampu Tugu Kesehatan.

"Kemudian juga lampu jalan di Pasar PUT. Semua itu sudah menghabiskan dana sebesar Rp 200 juta. Jadi program sudah berjalan sekitar 80 persen," pungkasnya. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait