Pemkab Bebaskan Lahan Wisata 12,5 Ha

Jumat 17-02-2017,16:06 WIB
Reporter : Curup Ekspress
Editor : Curup Ekspress

KEPAHIANG, CE - Untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Kepahiang, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) akan mengusulkan pembebasan lahan seluas 12,5 hektar untuk dijadikan lahan wisata. Informasi yang diperoleh CE, beberapa lahan yang akan dibebaskan Pemkab pada tahun ini diantaranya lahan di Air Terjun Curug Embun Desa Karang Tengah Kecamatan Kepahiang seluas 1 hektar. Lalu lokasi race area Danau Suro di Desa Suro Muncar Kecamatan Ujan Mas seluas 3 hektar.

Plt Kepala Disparpora Drs HM Holil saat dikonfirmasi Kamis (16/2) kemarin mengatakan bahwa pembebasan dilakukan untuk membangun sarana dan prasarana wisata. "Pembebasan kita lakukan agar dapat melakukan pembangunan sarana dan prasarana penunjangnya, area wisata menjadi indah Kalau sekarang belum bisa kita bangun karena belum memiliki alas hak yang jelas," sampai Drs HM Holil kepada CE.

Selain itu Holil juga mengatakan bahwa pihaknya akan mengajukan pembebasan lahan objek wisata di Air Terjun Sengkuang di Desa Suka Sari Kecamatan Kabawetan seluas 1 hektar. Kawasan Pemandian Air Panas Desa Pelangkian 1 hektar, pembebasan lahan kawasan bukit Kepahiang Alami Desa Tebat Monok 1,5 hektar, Lahan Air Panas Despetah lalu pembebasan lahan stadion 4 hektar.

"Saat ini pembebasan sedang diproses dibagian pemerintahan Pemkab. Sementara kita melakukan pendataan dan menyiapkan rancangan pembangunan berkerjasam dengan konsultan," jelasnya. Bahkan menurut Holil, bila objek wisata Kepahiang memiliki daya tarik tersendiri jika sudah dikelola dengan baik sehingga wisata dapat menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) besar nantinya. "Tahun ini saja belum dilakukan pengelolaan wisata kita sudah ditarget menyumbang PAD Rp 65 juta, jauh meningkat dari tahun lalu sebesar Rp 25 juta," demikian Holil. (CE3)

Tags :
Kategori :

Terkait