Berjemur di Bawah Sinar Matahari Bisa Cegah Depresi, Kok Bisa?

Selasa 11-07-2023,16:40 WIB
Reporter : RYEN MEIKENDI
Editor : VIVI HY

HEALTH, CURUPEKSPRESS.COM – Manusia membutuhkan sinar matahari seperti untuk mengeringkan pakaian, sumber penerangan, pemanfaatan sinar matahari sebagai energi listrik dan lain sebagainya.

Tidak hanya dapat membantu dalam kegiatan manusia, sinar matahari juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita terutama dari segi kesehatan.

Sinar matahari memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi Vitamin D di dalam tubuh. Menariknya, sinar matahari juga dapat memperbaiki suasana hati dan mencegah depresi lho!

BACA JUGA:

Mencegah depresi? Kok bisa? Berikut ulasannya:

Pada musim dingin dan penghujan (tingkat paparan sinar matahari yang rendah) akan menyebabkan penurunan kadar serotonin dalam tubuh.

Sehingga akan membuat seseorang bisa mengalami depresi.

Seperti yang kita ketahui bahwa yang berfungsi untuk mengurangi depresi dan memberikan rasa nyaman adalah serotonin.

Cahaya yang dipicu oleh sinar matahari yang masuk melalui mata akan mengaktifkan efek dari serotonin tersebut.

Area khusus retina akan mendapatkan isyarat dari sinar matahari, sehingga akan memicu pelepasan serotonin dan membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Oleh karena itu, Anda bisa memulai pagi dengan aktivitas di bawah sinar matahari seperti berjalan-jalan ataupun berolahraga jika ingin mendapatkan manfaatnya.

Namun perlu diingat! Anda disarankan berjemur dan terpapar sinar matahari dibawah jam 10 pagi untuk mendapatkan manfaatnya.

Di atas jam 10 pagi tidak disarankan untuk berjemur, dikarenakan tingginya radiasi ultraviolet yang bisa membahayakan kulit dan kesehatan Anda. 

BACA JUGA:

Kategori :