Tips Merawat Kesehatan Mata Agar Terhindar Dari Katarak

Kamis 09-11-2023,06:00 WIB
Reporter : MUDRIK
Editor : HEFICA B.U

HEALTH, CURUPEKSPRESS.COM - Mata adalah salah satu anugerah berharga yang kita miliki. Dalam keseharian kita yang sibuk, seringkali kita melupakan pentingnya menjaga kesehatan mata.

Anda harus mewaspadai katarak yang dapat mempengaruhi penglihatan dan kualitas hidup Anda. Pada artikel kali ini kami akan memberikan tips cara menjaga kesehatan mata agar terhindar dari katarak.

 

1. Mengenali Katarak dan Gejalanya

Pertama-tama, penting untuk memahami apa itu katarak dan gejalanya. Katarak adalah suatu kondisi dimana lensa mata menjadi keruh sehingga menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Gejala umumnya meliputi penglihatan kabur, kepekaan terhadap cahaya, dan kesulitan melihat di malam hari. Dengan mengenali gejala-gejala tersebut, Anda bisa segera mencari pertolongan medis jika diperlukan.

BACA JUGA:

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Makanan berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Pastikan makanan harian Anda mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, C dan E, serta mineral seperti seng dan selenium. Makanan seperti wortel, bayam, brokoli, dan salmon kaya akan nutrisi ini. Mereka membantu menjaga kesehatan mata dan melindungi dari kerusakan oksidatif.

 

3. Lindungi Mata dari Paparan Sinar UV

Paparan sinar ultraviolet (UV) dapat meningkatkan risiko katarak. Oleh karena itu, selalu kenakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar UV saat berada di luar ruangan, terutama di bawah sinar matahari langsung. Ini akan membantu menjaga kesehatan mata Anda dalam jangka panjang.

 

4. Tidak Merokok dan Menghindari Asap Rokok

Merokok merupakan salah satu faktor risiko utama berkembangnya katarak. Asap rokok mengandung zat beracun yang dapat merusak lensa. Jadi jika Anda merokok, pertimbangkan untuk segera berhenti. Selain itu, hindari paparan asap rokok karena juga dapat membahayakan kesehatan mata.

BACA JUGA:

Kategori :