Horee…ADD Tahap II Cair

Horee…ADD Tahap II Cair

KEPAHIANG, CE – Kabar gembira bagi para 105 Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Kepahiang. Pasalnya anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) untuk tahap ke-II yang berasal dari dana APBD akhirnya cair. Sebelumnya dana ini sempat diprotes lantaran lamban cair.

Sudah bisa dicairkannya ADD ini diungkapkan oleh Kepala Badan Keuangan Daerah (BKUD) Kepahiang, Dr Peryandi SSos MM. Bahkan ia membenarkan proses pencairan ADD tahap II sudah dilaksanakan.  Dijelaskannya secara keseluruhan, anggaran yang diplot pencairan tahap ke II tersebut mencapai Rp 11,9 miliar yang diperuntukkan untuk 105 desa. “Untuk ADD sudah cair dan di salurkan ke desa-desa," sampai Peryandi saat ditemui CE Sabtu (10/12) lalu.

Peryandi mengatakan, untuk pencairan Dana Desa (DD) belum dilakukan karena memang sejauh ini masih menunggu transfer dana dari pusat. Mengenai kapan waktunya, Peryandi tidak berani memastikan lantaran semuanya tergantung dari pemerintah pusat. Namun, berdasarkan hasil koordinasi dirinya terkait hal tersebut anggaran DD dipastikan cair dalam waktu dekat ini. “Kita sudah berkoordinasi, meskipun belum diketahui persis waktunya, namun akan segera cair, maka dari itu kami harapkan para kades untuk dapat bersabar,” ujarnya.

Sebelum sempat diberitakan, sebanyak 50 Kades sempat mendatangi kantor DPRD Kepahiang untuk mendesak agar DPRD turun tangan menyelesaikan soal lambannya pencairan DD dan ADD tahap II. Padahal, mereka sudah mengajukan berkasnya sejak Agustus 2016 lalu, mereka khawatir mengingat waktu akhir tahun sudah semakin dekat sehingga ditakutkan tak mampu menuntaskan pekerjaan fisik jika waktu sudah mepet. (CE3)

Sumber: