Baru Dibangun, Jalan Amblas

Baru Dibangun, Jalan Amblas

TUBEI, CE - Dua permasalahan kerusakan jalan selalu menjadi momok Bidang Binamarga Dinas PU Kabupaten Lebong. Dari tahun ke tahun jalan Pasar Muara Aman- Komplek Perkantoran Pemda Lebong selalu longsor, tepatnya di tebing Talang Ulu. Begitu juga dengan Jalan Pasar Muara Aman- Komplek Perkantoran Pemda Lebong yang baru selesai dibangun, kini ambles.

Kepala Dinas PU Lebong Ir Eddy Ramlan MT melalui Kabid Bina Marga Donni Swabuana ST mengungkapkan, dua permasalahan ini selalu terjadi ketika hujan deras melanda wilayah Lebong. “Tanjakan Talang Ulu tersebut sebelumnya sudah kita keruk, namun sekarang ini material tanah kembali bergeser hingga hampir menutup badan jalan. Kita kewalahan menangani longsor itu karena daerah tersebut rembesan air yang ada diatasnya. Ketika hujan lebat maka tanah akan begeser dari atas,” ungkap Doni.

Permasalahan badan jalan amblas sebelum rumah dinas Bupati Lebong juga setiap tahun terjadi. Diduga penyebab amblesnya badan jalan ini karena ada rongga di bawah badan jalan.  “Badan jalan ini baru kita overlay dengan ketebalan sekitar 10 cm. Sebelum dilakukan overlay kita juga sudah melakukan pengerukan dan menimbun menggunakan batu dan koral. Dengan kedalaman lebih dari 30 cm, namun pada saat hujan deras beberapa hari yang lalu badan jalan amblas lagi. Untuk memindahkan badan jalan juga sulit dilakukan karena kondisinya sama,” kata Doni.

Terkait permasalahan ini, Dinas PU tengah mengkaji upaya penanganan terbaik untuk menangani 2 permasalahan tersebut. Hanya saja pelaksanaannya baru bisa dilakukan di 2017. Mengingat anggaran untuk penanganan permasalahan ini tidak tersedia saat ini. Untuk tebing Talang Ulu upaya yang bisa dilakukan agar tanah tidak begeser lagi dengan melakukan pengerukan hingga 20 meter ke atas tebing dan selanjutnya dilakukan pemasangan pancang besi dan dilanjutkan dengan membuat pelapis tebing. Untuk jalan yang amblas ini kemungkinan dibuatkan jembatan. Kalau hanya menmsang Boxculvet dinilai tidak tepat. Karena tanah tetap turun ketika terjadi hujan deras. (*)

Sumber:

Baru Dibangun, Jalan Amblas

Terkini

Terpopuler

Pilihan