Hutan Kota Perlu Pengelolaan dan Pengawasan

Hutan Kota Perlu Pengelolaan dan Pengawasan

CURUP, CE - Hutan kota merupakan sebuah kawasan yang ada di wilayah perkotaan yang sengaja ditanami pepohonan yang dibiarkan tumbuh secara alami seperti layaknya hutan. Fungsi hutan kota sendiri adalah sebagai penahan degradasi akibat pembangunan dan juga segala aktifitas manusia .  Dikatakan oleh Plt Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Rejang Lebong, Karneli melalui Kepala Bidang Kehutanan, Ridwan bahwa Untuk saat ini pemfungsian hutan kota sendiri sudah cukup bagus akan tetapi untuk saat ini dirinya mengatakan bahwa masih diperlukan

Akan tetapi, Ridwan mengatakan untuk konisinya sendiri saat ini diperlukan sebuah tim yang memang ditugaskan untuk mengawasi keberlangsungan hutan kota itu sendiri. "Tentunya pengelolaan sangat diperlukan khususnya dalam hal penjagaan dan pengelolaannya. Hutan kota inu perlu dijaga dan dipantau agar tidak dirusak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab terhadap tumbuhan yang ada di dalamnya," katanya.

Selanjutnya selain perlunya pengawasan, Ridwan juga mengatakan bahwa juga perlu dilakukan pengelolaan terhadap hutan kota itu sendiri. "Menurut pendapat saya sendiri pengelolan terhadap hutan kota ini juga tidak kalah pentinya. Mengingat banyaknya potensi produksi dari hutan kota ini sendiri, seperti bibit kayu, dan berbagai jenis buah-buahan seperti mangga, pokat, durian, jambu biji dan lainnya yang jika dikelola maka itu kan menjadi salah satu pendapatan tersendiri," ungkapnya.

Untuk menjaga hal tersebut dari pengerusakan, Ridwan mengatakan bahwa perlu dilaksanakan penyelesaian pagar yang ada disana. "Kemarin kami sudah melaksanakan pembuatan pagar terkait hutan kota tersebut dalam rangka melindunginya dari pengerusakan oleh oknum yang kurang bertanggung jawab," terangnya. Akan tetapi untuk saat ini pembangunan pagar tersebut masih belum terselesaikan akibat kurangnya dana. Ridwan mengharapkan untuk kedepannya, perencanaan untuk hutan kota tersebut dapat lebih diperhatikan. "Untuk kedepannya mungkin saya tidak dapat lagi melaksanakan tugas tersebut.

Saya berharap untuk kedepannya bagi pihak terkait yang akan mengelola hutan kota tersebut dapat mengelola dan mengawasi hutan kota itu dengan lebih baik terutama dalam hal pengelolaan yang memang jika terus dilaksnakan akan dapat menghasilkan hutan kota produktif," pungkasnya. (CW3)

Sumber: