Wabup: Kemenag Jadi Motor Persatuan Umat Beragama

Wabup: Kemenag Jadi Motor Persatuan Umat Beragama

Dari Upacara Peringatan HAB Kemenag ke-71

CURUP, CE - Menginjak usianya ke-71, Wabup Rejang Lebong H. Iqbal Bastari SPd MM berharap Kemenag Rejang Lebong dapat memberikan pelayanan maksimal terhadap umat. Selain itu bisa menjadi motor dalam menjaga persatuan umat beragama dan menciptakan Rejang Lebong sebagai kota religius.

Hal ini disampaikan Iqbal saat menjadi inspektur upacara (Irup) dalam peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-71 yang digelar di lapangan upacara kantor Pemkab Rejang Lebong, Selasa (3/1) kemarin. "Saya harap Kemenag dan Pemkab Rejang Lebong dapat bekerjasama dan sama-sama bekerja untuk mendukung Rejang Lebong sebagai kota religius,” sampainya

Dalam peringatan HAB Kemenag ke-71 ini, mengangkat tema; "Bersih Melayani dan Lebih Dekat Melayani Umat". Melalui tema ini Wabup juga berharap hal tersebut bisa dimaksimalkan karena agama adalah salah satu sektor yang menunjang pertahanan negara. "Jika pelayanannya masimal dan lebih dekat dengan umat, maka semua perselisihan bisa diantisipasi dan kerukunan umat bisa tercipta lebih baik dan akhirnya kedaulatan bangsa menjadi lebih kuat lagi. Sehingga terciptalah masyarakat yang agamawan dan negarawaan," katanya.

Sementara itu, Kakan Kemenag Rejang Lebong M Ch Naseh mengungkapkan bahwa dalam peringatan HAB ke-71 ini diharapkan kualitas insan Kemenag Rejang Lebong semakin maksimal. "HAB kali ini bertema bersih melayani dan lebih dekat melayani umat. Untuk itu pelayanan masimal tersebut bisa dilakukan oleh semua bidang di Kemenag Rejang Lebong dapat bekerja secara maksimal. Baik itu di bidang haji, umum, pendidikan, pembinaan masyarakat dan bidang lainnya. Intinya semua yang berhubuangan dengan kemenag dan agama  harus ditingkatkan," terang Naseh.

Dalam syukuran peringatan HAB Kemenag ke-71 tersebut, turut hadir para purnabakti (pensiunan, red) PNS di lingkungan kantor Kemenag Rejang Lebong. Selain itu, diberikan pula piala dan hadiah juara lomba yang telah diadakan sejak 14 Desember 2016 lalu di Kabupaten Rejag Lebong. "Sebelumnya sudah ada beberapa lomba yang diadakan. Jadi syukuran ini jadi hari puncak yang disertai dengan pemberian hadiah," terangnya.

Sebelum dilaksanakan syukuran peringatan HAB Kemenag ke 71 di halaman kemenag Rejang Lebong, seluruh pegawai dan karyawan Kemenag, DPRD Rejang Lebong, TNI, POLRI, SKPD dan FKPD Rejang Lebong serta pelajar MI, MTs, dan MA melaksanakan upacara peringatan HAB di lapangan Pemda Rejang Lebong.

Dalam upacara itu pula, sebanyak 61 PNS di lingkungan kantor kemenag Rejang Lebong diberikan penghargaan Satya Lencana Karya Sastra 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun. Selain itu, diberikan pula santunan dari Baznas kepada 475 pelajar MI, MTs, MA Rejang Lebong, sebesar Rp 150 ribu untuk masing-masing 200 pelajar MI, Rp 250 ribu untuk masing-masing 175 pelajar MTs, dan Rp 250 ribu untuk masing-masing 100 pelajar MA se Kabupaten Rejang Lebong. (CE1)

Sumber: