Bupati: Kades Jangan Sulit Ditemui

Bupati: Kades Jangan Sulit Ditemui

LEBONG, CE - Pada hari Kamis (05/01) kemarin, Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi resmi melantik tiga kepala desa (Kades) yang ada di Kecamatan Lebong Atas. Ketiga Kades tersebut yaitu Olman Syahri dari Desa Tabeak Belau I, Mahli Sohar dari  Desa Daneu, dan Joyo Saputro dari Desa Blau. Usai melantik ketiga kades terpilih tersebut, bupati menghimbau kepada para kades terpilih untuk open house kepda masyarakatnya dalam rangka menjalin keakraban dan juga menghilangkan batas antara masyarakat dan kadesnya.

"Jika saya saja sebagai bupati saja open house terhadap  masyarakat Lebong, jadi mengapa kalian sebagai kades tidak bisa. Silahkan open house, buka pintu rumah kalian selebar-lebarnya untuk masyarakat," ujar bupati. Dikatakan bupati, dirinya menyampaikan hal tersebut agar jangan sampai ada batas antara Kades dan masyarakat. "Jangan sampai nantinya masyarakat mau menemui kalian saja sulit," sampainya.

Kemudian bupati juga menyampaikan bahwa dalam open house jangan pilih kasih dan jadilah sosok pemimpin yang berjiwa besar.  "Jangan nanti mentang-mentang dengan masyarakat yang kemarin tidak memilih kalian lantas kalian tidak open kepada mereka, rangkulah juga mereka, jangan ada membeda-bedakan pelayanan kepada masyarakat. Jika kalian melakukan itu, mudah-mudahan enam tahun kemudian kalian akan terpilih kembali untuk memimpin," jelasnya.

Selanjutnya bupati juga menghimbau kepada mereka untuk memilih para perangkat desa yang nantinya akan membantunya berpendidikan minimal tamat SMA. "Jadi juga perlu diingatkan, sesuai dengan undang-undang pada saat pembentukan perangkat desa nanti, silahkan pilih perangkat desa yang mempunyai pendidikan minimal tamatan SMA sederajat. Jadi jika nanti kalian memilih perangkat desa yang tidak tamat SMA, maka bukan bupati yang akan meberhentikannya akan tetapi undang-undang sendiri yang akan memberhentikan," katanya.

Selanjutnya bupati juga menekankan untuk pemilihan imam, bupati meminta kades benar-benar memilih imam dengan kualifikasi yang sebaik-baiknya. "Yang tidak kalah penting, pilihla imam orang-orang yang memang benar-benar berkompeten, karena urusan imam ini urusan akherat dan sangat penting kedudukannya. Jika imam sebelumnya sudah berkompeten, maka apa salahnya untuk tetap menunjuknya sebagai imam dan begitupun sebaliknya jika imam yang lama memang kurang berkompeten silahkan jangan ragu-ragu untuk diganti. Jadi untuk masalah imam ini, jangan sesekali ditimbang dalam segi kedekatan ataupunn kekeluargaan, tapi pilihla imam yang benar-benar dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya," pungkasnya. (CW3)

Sumber:

Bupati: Kades Jangan Sulit Ditemui

Terkini

Terpopuler

Pilihan