Giliran Wabup, Lantik 7 Kades, di Kecamatan Lebong Tengah

Giliran Wabup, Lantik 7 Kades, di Kecamatan Lebong Tengah

LEBONG, CE - Pelantikan Kepala Desa (Kades) periode 2017/2021 masih terus berlanjut. Pada Sabtu (14/01) lalu, sebanyak 7 orang Kades yang ada di Kecamatan Lebong Tengah resmi dilantik. Menariknya prosesi pelantikan ini bukan dilakukan oleh Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi, melainkan oleh Wabup Lebong, Wawan Fernandez SH MKn dikarenakan Bupati sedang ada kunjungan kerja ke Bengkulu.

"Bupati tengah ada kunjungan kerja ke Bengkulu, sehingga dalam pelantikan ini saya yang pimpin," sampai Wabup. Dikatakan Wabup, kepada para Kades yang dilantik diharapkan tetap menjaga amanat masyarakat. "Sehingga pembangunan yang ada di Desa memang bersumber dari inspirasi masyarakat langsung," kata Wabup. Adapun ketujuh Kades tersebut adalah Zulkarnaen Kades Suka Damai, Muktarezi Kades karang Anyar, Rizen Januari Kades Semelako Atas, Endang Karyawan Kades Danau Liang, Yun Nengsi Kades Semelako I, Zulkabrion Kades Semelako III, dan Sudarmadi Kades Tanjung Bunga II. Pelantikan dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB dan bertempat di halaman kantor camat Lebong Tengah.

Terpisah, Rizen Januari Kades Semelako usai acara pelantikan mengatakan bahwa dirinya siap untuk menjalankan mamanah yang telah dipercayakan oleh masyarakat kepada dirinya.  "Ini adalah amanah, yang jelas siap ataupun tidak yang pasti harus siap untuk mengemban manah ini, jadi tentunya dengan mengemban manah ini. Tentu harus ada program yang akan dilaksanakan untuk pembangunan maupun pemberdayaan masayarakat, itu sudah ada di benak saya seperti pembuatan jalan usaha tani ddan lainnya, akan tetapi tentu saya tidak bisa memutuskan sendiri, tentunya masih memerlukan koordinasi dengan para anggota BPD dan juga masyarakat sendiri," sampainya.

Kemudian hal senada disampaikan Zulkarnaen selaku Kades Suka Damai, dimana dirinya masih akan membincangkan dahulu dengan pihak BPD dan juga masyarakat terkaitt hal tersebut. "Masih perlu dikoordinasikan dahulu tentunya, baik dengan piihak BPD maupun dengan masyarakat.

Kalau pembangunan apakah itu nanti membangun jalan untuk akses masyarakat atau saluran dreinase tentu itu nanti akan dibicarakan dahulu termasuk juga berkenaan dengan pemberdayaan masyarakat. Misalnya seperti yang disampaikan wabup tadi yang mengintruksikan untuk membuat sebuah BUMDES tentunya memerlukan perencanan dan juga musyawarah dahulu terkait dalam bidang apa BUMDES itu akan dibentuk," ujarnya. Kemudian disampaikan juga oleh Yun Nengsi Kades Semelako I yang merupakan satu-satunya Kades perempuan yang dilantik kemarin, bahwa secepatnya mereka akan melakukan muusyawarah untuk membahas masalah pembangunan dan juga pemberdayaan mawsyarakat yang akan mereka laksanakan kedepannya.

"Dalam waktu dekat ini yang jelas kami akan melakukan penyusunan RPJMD terlebih dahulu nah ddidalamnya nanti itu tentu juga dimuat apa program yang akan dilakukan, jika rencana saja memang banyak, akan tetapi mengenai program pembangunan dan juga pemberdayaan ini juga tentunya nanti masih akan adda koordina dengan pihak pemerintah daerah, jadi untuk saat ini sayabelum bisa menyebutkan apa saja program yang kan kami laksanakan kedepannya, akan tetapi dalam waktu dekat insyaallah pembahasan terkait hal tersebut akan segera kami laksanakan," tandasnya. (CE2)

Sumber: