Bendungan Paliak, Salah Satu Potensi Wisata Tingkat Nasional di Kabupaten Lebong

Bendungan Paliak, Salah Satu Potensi Wisata Tingkat Nasional di Kabupaten Lebong

 

Potensi Kabupaten Lebong sebagai destinasi wisata nasional seperti yang ditargetkan oleh Bupati H Rosjonsyah SIP MSi untuk tahun 2020 mendatang, kayaknya akan terealisasi. Akan tetapi untuk mewujudkan hal tersebut tentulah memerlukan suatu usaha yang serius baik dari pihak pemerintah maupun masyarakat itu sendiri. Salah satu potensi wisata yang tampaknya cukup berpotensi untuk dikembangkan yaitu wisata bendungan Paliak yang berada di Desa Embong Uram Kecamatan Uram Jaya. Mau tau keseruan lokasi diwisata ini, berikut liputannya.

BETA MISUTRA, LEBONG

Walaupun dengan lokasi yang sederhana, namun lokasi bendungan ini memang cukup menarik untuk dikunjungi. Pasalnya pemandangannya masih terlihat begitu asri dan alami, kemudian ditambah lagi dengan air sungai yang sejuk dan jernih dan juga arus yang tidak terlalu deras, sehingga sangat menggiurkan untuk sekedar mandi atau berenang. Dikatakan oleh Wawan, salah satu warga sekitar, masyarakat Lebong sendiri Cukup sering mendatangi lokasi bendungan Paliak tersebut, baik para remaja yang datang bersama teman-temanya dan tidak jarang juga yang datang dengan membawa anggota keluarganya.

"Bendungan Paliak ini memang kerap dikunjungi oleh masyarakat lebong, baik kalangan remaja maupun yang sudah berkeluarga, bahkan bukan hanya hari libur saja, akan tetapi pada hari-hari biasa tempat ini masih kerap dikunjungi, namun didominasi kalangan remaja," katanya.

Dikatakan oleh Risko (25) salah satu pengunjung yang sedang berwisata bersama teman-temannya, bukan hanya sekali atau dua kali saja mereka datang mengunjungi bendungan Paliak tersebut namun mereka memang sering datang kesana dikala sedang hari libur. "Tempat ini cukup bagus untuk dijadikan wisata pemandian, biasanya kami memang sering mengunjungi lokasi ini, terutama pada hari libur dan sedang ada waktu lenggang untuk berkumpul bersama teman-teman kami seringkali menjadikan tempat ini sebagai tujuan kami sekedar untuk berlibur dan melepas penat," ujarnya.

Kemudian CE juga sempat menanyai Samsul (49) yang juga sedang berwisata disana bersama keluarganya. Menurutnya bahwa tempat mereka memilih tempat tersebut sebagai tujuan wisata keluarga mereka karena anak-anaknya cukup senang mandi dan bermain-main air disana.

"Anak-anak saya cukup senang mandi dam juga bermain-main air disini, tadi mereka yang mengajak untuk berwisata kesini, makanya hari ini kami sekeluarga memutuskan untuk berwisata ke tempat ini," katanya. Kendati demikian, Samsul sangat menyanyangkan kurang ada pengeoaan dan juga pengembangan dari masyarakat sekitar, padahal menurutnya cukup banyak potensi yang bisa dikembangkan oleh masyarakat sekitar terkait lokasi wisata bendungan tersebut.

"Dengan potensi yang cukup bagus seperti ini, tentu sangat disayangkan masyarakat sekitar kurang dapat memanfaatkan lokasi ini, misalnya saja membuat penyewaan ban atau pelampung dan mungkin juga sekedar berjualan snack ataupun makan-makanan ringan," pungkasnya. (***)

Sumber: