DKP Sosialisasi Makanan Pengganti Beras

DKP Sosialisasi Makanan Pengganti Beras

CURUP, CE - Untuk mendukung ketersediaan pangan yang ada di kabupaten Rejang Lebong. Pada tahun ini Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Rejang Lebong akan mensosialisasikan makanan pokok pengganti beras kepada masyarakat.

"Salah satu cara untuk menjaga stabilitas kebutuhan masyarakat akan konsumsi nasi, maka untuk itulah perlu adanya makanan pengganti nasi misalnya saja seperti jagung, umbi-umbian, kentang dan lainnya sebagai makanan pengganti nasi," ujar Kepala DKP Rejang Lebong, Drh P Harahap. Untuk mensukseskan program tersebut, Harahap mengatakan pihaknya akan menerapkan beberapa trik dalam mensosialisasikan konsumsi makanan pokok selain beras tersebut.

"Yang pertama kami akan menggandeng kelompok tani yang aktif disektor pertanian berupa jagung, ubi, kentang, ubi talas, dan lainnya. Tujuanya untuk meningktkan produktivitas mereka dan juga dengan pengelolaan sendiri terhadap bahan makanan tersebut," katanya. Selanjutnya dirinya menambahkan bisa juga dengan mensosialisasikan makanan pengganti nasi tersebut pada acara-acara kedinasan seperti pertemuan, rapat, ataupun acara acara lainnya.

"Selain kepada para kelompok tani, kami juga akan mensosialisasikan lewat berbagai kegiatan kedinasan, dan rencananya juga nanti pada saat pelaksanaan ulang tahun curup mendatang rencananya kami akan memamerkan berbagai olahan makanan pengganti nasi pada stan kami," ungkapnya.  Dirinya berharap dengan upaya mengampanyekan penggantian atau penyelingan nasi dengan bahan makanan lain tersebut akan dapat menjaga kestabilan pangan di Rejang Lebong tetutama terhadap ketersediaan beras. "Tentunya kami mengharapkan kedepannya program ini walaupun secara pelan, namun setidaknya dapat sedikit mempengaruhi masyarakat terhadap penggunaan bahan makanan lain agar kstabilan pangan terutama beras dapat terjaga tanpa ada pelonjakan harga yang drastis," ngkasnya. (CE2)

Sumber:

DKP Sosialisasi Makanan Pengganti Beras

Terkini

Terpopuler

Pilihan