1 Desa 10 Relawan

1 Desa 10 Relawan

Antisipasi Kebakaran

CURUP, CE - Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) Kabupaten Rejang Lebong meminta agar setiap desa memiliki 10 relawan. Keberadaan relawan tersebut nantinya untuk menambah kesiapsiagaan masyarakat terkait bencana kebakaran yang bisa terjadi setiap saat.

"Saat ini mengenai relawan tersebut telah kami sampaikan melalui surat yang ditujukan kepada 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong," sampai Kepala DPK Rejang Lebong, Drs Sumardi MSi melalui Sekretaris Haprizal SP. Menurutnya dalam surat tersebut meminta para Camat untuk mengintruksikan para Lurah/Kades untuk menunjuk warganya yang bisa untuk menjadi relawan.

"Berdasarkan prosedurnya setidaknya setiap satu Desa/Kelurahan itu memiliki minimal 10 orang relawan," terangnya. Penunjukan relawan tersebut selain bertujuan untuk menambah kesiapsiagaan masyarakat terkait bencana kebakaran, juga bertujuan sebagai pemberi informasi bagi DKP.  "Jadi jika ada kebakaran maka nanti kami kan mengkonfirmasi lewat mereka," katanya.

Pemberi informasi yang dimaksud ada dua jenis informasi. Yang pertama informasi mengenai benar-atau tidakanya ada kebaran dari telepon yang mereka terima. Sedangkan informasi yang kedua adalah informasi penting yang diperlukan dari mereka jika kebakaran memang benar terjadi. "Misalnya saja seperti informasi sumber air, informasi jalan, dan informasi penting lainnya," jelasnya.

Haprizal mengatakan, para relawan tersebut akan diminta datanya untuk masing-masing kecamatan. Kemudian jika nanti data sudah terkumpul semua mereka akan diundang. Undangan itu bertujuan untuk memberikan sosialisasi atau sedikit pengarahan kepada mereka.  "Yang jelas kami tetap bertanggungjawab untuk membina dan memberi arahan kepada mereka," pungkasnya. (CE2)

Sumber:

1 Desa 10 Relawan

Terkini

Terpopuler

Pilihan