Petani Masuki Masa Tanam Padi

Petani Masuki Masa Tanam Padi

LEBONG, CE - Kabupaten Lebong sebagai daerah penghasil beras terbesar di Provinsi Bengkulu, saat ini tengah memasuki masa tanam padi. Penanaman padi ini dilakukan petani sawah di Kecamatan Lebong Tengah tepatnya pada Desa Karang Anyar.

"Penanaman padi tersebut usia bibitnya sekitar 26 hari yang sedang di tanam oleh beberapa orang dari anggota penanaman," sampai Deni Dores (23) seorang petani. Kemudian dirinya mengatakan bahwa dalam proses penanaman tersebut sistim borongan, dan juga kalau sistem borongan tidak sibuk mengurus berbagai macam persiapan mereka yang sedang upah atau lagi mengerjakan penanaman di lahan persawahannya.

"Pekerja sebanyak 7 orang, pekerjaan dengan sistem borongan," akunya. Pihaknya berharap kedepannya dalam proses penanaman sampai dengan proses masa pemanenan tidak ada kendala. "Misalnya di setang oleh hama tikus atau hama walang sangit atau hama yang lainnya," harapnya. Kemudian dirinya mengatakan bahwa di kabupaten Lebong tidak bisa panen dua kali dalam satu tahun. Di karenanya kalau tanam atau panen dua kali dalam satu tahun, kebanyakan warga gagal panen.

"Kalau masa penanaman sampai dua kali dalam satu tahun, masa penanaman keduanya gagal panen akibat di serang hama tikus atau hama walang sangit dan hama yang lainnya. Harapan kami untuk kedepannya agar di kabupaten Lebong bisa Panen dua kali dalam satu tahun, kalau panen dua kali dalam satu tahun warga Lebong lebih sejahtera lagi," tandasnya.  Pihaknya juga berharapan kedepannya agar dinas terkait bisa memberikan solusi atau mengatasi, agar kabupaten Lebong bisa Panen dua kali dalam satu tahun (CW8).

Sumber:

Petani Masuki Masa Tanam Padi

Terkini

Terpopuler

Pilihan