Pelantikan Perangkat Desa Sukses

Pelantikan Perangkat Desa Sukses

LEBONG, CE - Kamis pagi (23/02) kemarin dilaksanakan pelantikan perangkat desa Desa Talang Liak 1 di Kecamatan Bingin Kuning kabupaten Lebong. Disampaikan oleh Daruslan Effendi selaku Kades Talang Liak 1 bahwa pelantikan perangkat desa ini penting dilakukan untuk kelancaran administasi desa.  "Kami melantik Marledo sandiasta S.pi Sekdes, Lody saputra S.pd kaur umum, Rendi Wijaya kaur keuangan, Pipharyono kaur perencanaan, Hengki Wiranata Spd pelaksanaan kewilayahan 1, Try jasmun S.ag pelaksanaan kewilayahan 2, Topri yantoro pelaksanaan kewilayahan 3, Ronaldo apiko kepala seksi pemerintahan, Doni anjas yomi kepala seksi kesejahteraan dan Dodi yuneston kelapa seksi pelayanan. Perangkat desa harus bersatu dalam di pemerintahan desa, kalau perangkat desa bersatu desa lebih maju," ungkapnya.

Dirinya menyampaikan dalam acara pelantikan, bahwa perangkat desa harus melakukan pendataan penduduk dan pendataan penduduk harus jelas atau lengkap. Dan juga disampaikan oleh Daruslan selaku kades, di desa harus ada profil desa agar kita tau batas wilayah, luas wilayah dan yang lainnya yang ada di desa. "Perangkat dalam mendata ulang penduduk di desa talang liak 1, datanya harus lengkap dan harus jelas, supaya tidak ada permasalahan di desa. Profil desa ada hubungannya dengan nilai DD dan ADD," sampainya. Dan juga dalam pelantikan terhadap perangkat desa, dirinya juga menyampaikan kepada masyarakat desa, harus membayar PBB dengan tertib.

"Pembangunan dan honor berasal dari PBB yang di bayar. Dan warga harus sadar akan pajak dan wajib bayar pajak, warga talang liak 1 lengkap, PNS ada, pengusaha ada. Karena selama ini disorot di desa ini ialah masalah PBB yang selama ini 0% masalah PBB," jelasnya. Menurutnya, harapan kedepannya selaku kades didesa talang liak 1, kepada perangkat yang sudah dilantik, agar menjalankan sesuai dengan amanah dan sesuai dengan tupoksi masing-masing.

"Dan juga harapan kepada BPD supaya kedepannya bisa bekerja sama dengan perangkat desa dan juga kepada BPD harap menjalankan tupoksi sebagai perwakilan masyarakat," tukasnya. Ditambahkan oleh A Darmawi Ys SPd selaku Kasi Pemerintahan Kecamatan Bingin Kuning bahwa dalam pelantikan perangkat desa supaya perangkat desa yang baru jangan berjuang hanya untuk SK tertulis.

"Setelah dilantik harap jangan berjuang hanya SK saja, karena perangkat desa sudah di kondisikan untuk membantu kerja di desa. Dan juga perangkat jangan sampai tidak tau tupoksi masing-masing," katanya. Dan juga dirinya mengatakan bahwa pelantikan perangkat desa didesa talang liak 1 ini desa yang pertama yang menggelar pelantikan di kecamatan Bingin Kuning.

"Masih ada desa yang belum melengkapi administrasi sebagai perangkat desa, dan di desa talang liak 1 yang sudah melengkapi administrasi sebagai syarat untuk perangkat desa"jelasnya. Selain itu dikatakan oleh Darmawi kalau perangkat desa tidak bisa bekerja dari pihak kecamatan ada wewenang memberhentikan perangkat desa yang tidak bisa bekerja.

"Pemberhentian perangkat desa, kades tidak bisa sewenang-wenang memberhentikan, kalau ingin memberhentikan perangkat harus sesuai dengan jalur, yaitu membuat surat rekomendasi untuk pemberhentian perangkat," sampainya. Darmawi juga mengungkapkan majunya desa kedepannya ialah dari unsur pemerintahan desa, karena penggerak pembangunan ialah dari pemerintahan desa. "Perangkat desa bekerjalah sesuai dengan aturan yang berlaku, jangan sampai melanggar aturan. Dan bekerjasamalah untuk pembangunan desa," tandasnya. (CW8)

Sumber:

Pelantikan Perangkat Desa Sukses

Terkini

Terpopuler

Pilihan