Potensi Agro Wisata yang Belum Tergali

Potensi Agro Wisata yang Belum Tergali

KEPAHIANG, CE - Kabupaten Kepahiang memiliki potensi agro wisata berupa kebun teh Kabawetan, serta pertanian yang potensial. Hanya saja potensi untuk mendatangkan PAD itu belum tergali secara optimal.

Salah satunya perkebunan jambu kristal yang sudah dikembangkan sejak 2 tahun lalu oleh salah seorang warga Neri Mardiah SE. Kebun yang berlokasi di Desa Sukameridu Kecamatan Kepahiang sangat bagus untuk dikembangkan menjadi salah satu wisata agro.

Saat koran CE menyambangi lokasi itu, tampak Wakil Bupati Kepahiang Netti Herawati SSos menyambut baik potensi ini. "Ini merupakan potensi pertanian dan wisata. Berbanggalah Kabupaten Kepahiang menjadi satu-satunya kabupaten di Provinsi Bengkulu yang menghasilkan jambu kristal," ujar Wabup.

Bahkan, menurut Wabup ini merupakan mutiara yang terpendam yang perlu dikembangkan. "Sayang sekali, inilah namanya mutiara yang terpendam. Ke depannya kita harapkan menjadi perhatian bagi pemerintah daerah untuk dikembangkan menjadi potensi wisata dan hasil pertanian," jelas Wabup. Sementara itu pemilik kebun jambu kristal Neri mengatakan kalau ia memang hobi berkebun dan suka akan buah jambu kristal.

"Awalnya saya hobi berkebun. Saya suka makan jambu kristal. Waktu itu saya ke Jkarta saya cari informasi dimana untuk membeli bibitnya," kata Neri. Ia mengatakan berkat hobi ia menanam jambu kristal kemudian saat panen menjual secara online. "Bibit ini saya beli dari Bogor. Setelah satu tahun lebih jambu mulai berbuah. Sejauh ini saya hanya pasarkan secara online setiap kali panen," pungkas Neri.

Diakui oleh Neri untuk pemasaran buah tidak sulit bahkan harga jual buah nya cukup bersaing dipasaran. "Setiap panen sekitar 50 kg sampai 60 kg, saya jual perkg Rp 25 ribu,karena peminat nya banyak, maka jambu kristal ini cepat habis," tutur Neri. Sayangnya, selama 2 tahun kebun yang memiliki luas area 1 ha ini belum sama sekali didatangi PPL. Maka dari itu Wabup mengatakan agar PPL ke depannya lebih aktif di lapangan. "Ini sudah 2 tahun, tapi belum ada PPL yang dampingi,kedepannya kita harapkan PPL lebih aktif di lapangan," demikian Wabup. (CE3)

Sumber:

Potensi Agro Wisata yang Belum Tergali

Terkini

Terpopuler

Pilihan