Siap Panen, Petani Tunggu Kebun

Siap Panen, Petani Tunggu Kebun

Antisipasi Maling

LEBONG, CE - Para petani kopi di Lebong saat ini tengah bersiap-siap menunggu masa panen. Diperkirakan panen, akan dilakukan pada bulan April mendatang. Pantauan CE, para petani menyikapi akan dimulainya masa panen ini, melakukan penjagaan terhadap kebunnya. Ini dilakukan petani untuk mengantisipasi terjadinya pencurian kopi. "Kemarin dikebun saya ada terjadi kemalingan, dimana buah kopi milik saya yang sudah tua diambil," ungkap Sudir warga desa Tes kecamatan Lebong Selatan.

Dikatakannya, atas peristiwa tersebut dirinya bersama para petani lainnya mengambil inisiatif dengan berjaga dikebun. Bahkan ada beberapa petani yang sengaja tidur dikebun untuk mengantisipasi aksi maling tersebut. "Saat ini warga petani banyak yang tidur dikebun kopi, karena sebelum warga tidur menunggu kebun kopinya sering terjadi aksi kemalingan akibat ulah orang yang tidak tau dengan hukum atau orang yang melangggar hukum," sampainya.

Selanjutnya Sudir menyampaikan bahwa aksi pencurian tersebut sering terjadi pada saat menjelang pagi dan menjelang sore hari, karena petani kopi banyak yang belum kekebun atau pada saat petani pulang kerumah di desa. "Pencuri saat lincah saat ini, seperti memulai aksi yang melanggar hukum tersebut, pada saat petani lagi istirahat dirumah atau petani kopi belum berada dilahan kopi, karena pencuri tau pada saat menjelang pagi dan menjelang malam petani tidak berada dilahan perkebunannya," paparnya.

Selanjutnya Sudir mengungkapkan bahwa warga petani dalam munggu masa panennya, warga tidur dikebun menunggu buah kopinya masak dan bisa di penan oleh warga. Dan juga agar tidak terjadi aksi yang melanggar hukum seperti terjadi pencurian buah kopi warga yang di tunggu selama ini.(CE4)

Sumber: