Jalur Pendakian Bukit Kaba Dibuka Kembali

Jalur Pendakian Bukit Kaba Dibuka Kembali

CURUP, CE - Ini kabar gembira bagi para pecinta alam yang hobi melakukan pendakian. Pasalnya saat ini jalur pendakian di Bukit Kaba Kabupaten Rejang Lebong sudah mulai dibuka.  "Sejak tanggal 11 Januari 2017 lalu jalur pendakian ini ditutup. Sekarang sudah mulai dibuka kembali," terang David dari BKSDA Rejang Lebong.

Diketahui memang sebelumnya pihak BKSDA Rejang Lebong melakukan penutupan pada jalur pendakian ini. Hal tersebut dilakukan karena pihak BKSDA tengah melakukan pemulihan ekosistem yang ada di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) tersebut.  Dijelaskan David bahwa aktivitas pemulihan kawasan TWA itu setiap tahunnya memang menjadi kalender kerja pihak BKSDA. Hal ini agar kondisi ekosistem bisa terus terjaga. Disamping itu juga untuk menjaga keamanan dan keselamatan para pendaki.

Davud juga menjelaskan, kendati saat ini ekosistem di kawasan tersebut belum pulih 100 persen namun sudah tidak terlalu parah seperti sebelumnya. "Banyak sampah di kawasan TWA Bukit Kaba, termasuk ada ekosistem yang juga mengalami kerusakan hingga membutuhkan pemulihan. Kini walau kondisinya belum 100 persen namun sudah bisa kita buka," terangnya.

David juga mengharapkan, para pendaki dan pengujung TWA Bukit Kaba bisa menjaga kelestarian lingkungan di kawasan tersebut. Caranya dengan tidak merusak ataupun menganggu ekosistem yang ada di dalamnya. Dengan tidak membuang atau meninggalkan sampah dikawasan Bukit Kaba, terlebih lagi apalagi kaleng-kaleng bekas makanan, karena jenis sampah ini dapat merusak ekosistem alam. "Kami berharap seluruh pendaki maupun pengunjung bisa menyadari akan pentingnya menjaga alam dengan tidak mengotorinya," tegasnya. (CE1)

Sumber:

Jalur Pendakian Bukit Kaba Dibuka Kembali

Terkini

Terpopuler

Pilihan