Korban Longsor 2 Kecamatan Mulai Dibantu

Korban Longsor 2 Kecamatan Mulai Dibantu

LEBONG, CE - Sebanyak 2 Kecamatan di Kabupaten Lebong diterpa longsor. Dua Kecamatan tersebut yakni Lebong Selatan dan Kecamatan Rimbo Pengadang. Disampaikan Lukker selaku Kades Sukasari Kecamatan Lebong Selatan bahwa kejadian longsor yang menghancurkan beberapa rumah warga tersebut terjadi pada hari Sabtu lalu sekitar pukul 17.30 wib pasca hujan deras.

"Warga yang mengalami bencana longsor dan rumahnya hancur yakni Bowo 40, jon 45, syawal ependi 35, yanto 30, edi suratman 35, ismirat 30, tofik 30, jumiyana 40, tolik 40, kolbi 65, edi tril 55," jelas Lukker. Lukker mengungkapkan bahwa dari beberapa rumah warga yang mengalami kerusakan, ada beberapa rumah warga yang habis total akibat longsor.

"Rumah warga habis total ada enam rumah warga yang tidak ada lagi sisah bangunannya," katanya. Selain itu disampaikan Plt Camat Lebong Selatan, Yasir Hadibroto warga yang dekat longsor diungasikan kerumah Kadus dan ke rumah warga yang jauh dari lokasi longsor. "Warga yang rumahnya rusak total dan warga yang tidak bisa menempati rumahnya, di kungsikan kerumah warga yang lainnya dan kerumah perangkat desa," terangnya.

Ditambahkan Rasid kadus dusun 4 desa Talang Kodok kecamatan Rimbo Pengadang, dirinya menyampaikan bahwa didesanya juga terjadi longsor. "Kejadian longsor sekitar pukul 19.00 Sabtu kemaren sesudah hujan deras. Dan akan terjadi longsor susulan sekitar 10 titik, " sampainya.

Kemudian Rasid juga mengatakan bahwa ada 5 rumah warga rusak parah akibat longsor kemaren. "Mulyan 55, Indra 52, Reda 41, Jon 40, Samsia 70. Dan korban nyawa alhmdulillah tidak ada luka tidak ada, " katanya. Sebelum kejadian kadus menyuru warga yang rumahnya terkena longsor ke musolah Al-iklas.

Disisi lain korban longsor sudah mendapat bantuan Sembako dari DPRD Lebong, Kecamatan Amen, Inspektorat, Dinas Pariwisata, BNPB, Dinas sosial, DP3A dan KB, kecamatan Lebong atas. Disampaikan Reko Kadis PMDsos, bahwa pihaknya telah menyediakan dapur umum untu korban longsor.

"Kami menyesiapkan dapur umum untuk korban longsot, warga dan yang membantu membersikan material longsor, " sampainya.  Reko juga mengatakan bahwa dari pihaknya untuk kedepannya akan memberikan bantuan lagi kepada pihak korban longsor. "Kami akan memberikan bantuan kepada warga yang terkena longsor sesuai dengan tingkat kerusakan akibat longsor. Dan di ketahui kades berserta Camat," ungkapnya.

Disisi lain Kadis Dinkes Lebong Amril, dirinya mengatakan bahwa dari pihaknya telah melakukan pemantauwan korban longsor. "Dari pihak sangat peduli kepada korban longsor, membuat posko kesehatan bagi warga yang membutuhkan perawatan, " sampainya. Selanjutnya Amril mengungkapkan dari pihaknya tetap memantau warga yang memerlukan pengobatan dan dari pihak kami siap melayani memberikan layanan kesehatan.

"Kami siap melayani masyarakat yang terluka dan berbagai penyakit yang di alami warga, dan kami juga menyiapkan tim medis " katanya. Dan Amril juga mengatakan bahwa kalau ada masyarakat kalau ada keluhan, di posko kesehatan siap melayani. "Untuk berobat dan memeriksakan diri kalau ada yang sakit, dan obat dan tenaga kami sudah siap, manfaatkan posko yang kami siapkan " katanya.

Selain itu, disisi lain disampaikan oleh M.Syahroni kadis DP3APP&KB, dirinya turut prihatin atas musibah yang dialami warga yang terkena longsor. "Untuk peduli kepada warga, dari dinas kami memberikan bantuan sembako kepada warga yang terkena longsor. "Untuk tahap awal kami berikan bantuan untuk warga, dan kami berharap supaya tidak ada lagi kejadian longsor yang menimpah rumah warga," tandasnya. (CE4)

Sumber: