Awal Puasa Diharapkan Serentak

Awal Puasa Diharapkan Serentak

CURUP, CE - Hingga kini penetapan resmi awal bulan puasa belum ditetapkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Namun sebagian besar masyarakat berharap awal puasa dilakukan serentak dengan Ormas Islam lainnya pada tanggal 27 Mei mendatang.

Kepala Kemenag Kabupaten Rejang Lebong, Drs H Tasri MA saat ditemui CE kemarin bahwa untuk penetapan bulan puasa sendiri belum bisa dipastikan. Saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari sidang isbat pemerintah yang dikomandoi oleh Kemenag RI. Namun pihaknya berharap bahwa keputusan itu nantinya bisa dilakukan serentak.

"Kita belum bisa memastikan, hingga putusan dari sidang isbat," ujarnya. Disampaikannya bahwa khusus di Kabupaten Rejang Lebong ini juga menunggu instruksi dari bagian Kemenag Provinsi Bengkulu dan tentu sudah barang tentu akan sesuai dengan hasil sidang isbat di pusat dengan melibatkan berbagai Ormas Islam. Meskipun jika nantinya keputusan tersebut berbeda pandangan dengan ormas lainnya tentu semua masyarakat yang ada untuk menghormati keputusan masing masing. Intinya tujuan tetap sama tetap beribadah kepada Allah SWT.

"Apapun nanti yang diputuskan, semua masyarakat bisa saling menghormati," sampainya. Namun beber Tasri jika dilihat sebenarnya, alangkah baiknya jika penentuan awal puasa maupun penutupan puasa dalam artian hari raya Idul Fitri bisa sama-sama dilakukan serentak pada hari dan tanggal yang sama sehingga akan semakin ramai dan perayaan juga akan semakin terasa.

Namun lagi-lagi hal tersebut haruslah berdasarkan keputusan pemerintah Republik Indonesia. "Kita minta baik pembukaan maupun penutupan bisa dilakukan serentak," katanya. Sebelumnya Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Rejang Lebong, Dr Lukman Asha MPd mengatakan bahwa pihaknya telah menetapkan awal puasa pada 27 Mei mendatang.

Hal tersebut didasarkan pada maklumat yang dilakukan beberapa waktu lalu. Namun apapun itu pihaknya berharap kepada siapapun, dimanapun untuk saling menghormati keputusan masing masing sesuai dengan metode yang digunakan masing masing dalam menentukan penetapan awal puasa dengan harapan jangan membuat gaduh. "Berdasarkan maklumat kita telah menetapkan bulan puasa pada 27 Mei," tandasnya. (CE5)

Sumber:

Awal Puasa Diharapkan Serentak

Terkini

Terpopuler

Pilihan