Ada 50 Lulusan SMK jadi TKI

Ada 50 Lulusan SMK jadi TKI

CURUP, CE - Sebanyak 50 lulusan SMK yang baru lulus tahun 2017 ini akan dikirim ke Malaysia sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI). Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Rejang Lebong, Dwi Purnamasari SSos bahwa pengiriman sebanyak 50 orang lulusan SMK tersebut untuk bekerja di Forescom Plywood SDN BHD.

"Dalam waktu dekat kita akan kirimkan sebanyak 50 orang alumni SMK untuk bekerja di Malaysia pada perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan Plywood atau yang lebih lazim kita sebut triplek," sampainya. Menurutnya, pada sebelumnya sebanyak 50 orang tersebut sudah mengikiti tahap seleksi terlebih dahulu. Dimana dalam tahap seleksi tersebut ada beberapa penilaian kepada masing-masing individu sehinga didapatilah sebanyak 50 orang sesuai dengan kuota yang diperlukan.

"Kemarin sebelumnya ada sebanyak enam puluhan lebih peserta yang mengikuti seleksi, namun sayangnya yang bisa diambil hanya 50 orang saja," katanya. Dwi mengatakan, PJTKI yang akan melakukan perekrutan dalam pengiriman TKI ini adalah PT Mardel Anugerah Internasional. Dimana keseluruhannya sendiri sebenarnya PT Mardel Anugerah Internasional tersebut sebenarnya memerlukan sebanyak 100 orang tenaga kerja untuk dikirim kesana. Namun untuk Provinsi Bengkulu sendiri diberi kuota sebanyak 50 orang dan semuanya sudah diambil oleh Kabupaten Rejang Lebong.

"50 orang itu sebenarnya jatah provinsi, namun semua kuota sudah dipenuhi oleh Rejang Lebong," beber Dwi. Sementara itu untuk saat ini Dwi mengatakan bahwa pihaknya masih menyiapkan beberapa dokumen untuk pengiriman para TKI tersebut. Salah satunya saat ini mereka masih mengurus syarat pembuatan ID card para TKI tersebut.

"Nanti setelah ID card sudah selesai mereka juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan dahulu sebelum benar-benar siap dlakukan perekrutan dan dikirim ke Malaysia," pungkasnya. (CE2)

Sumber:

Ada 50 Lulusan SMK jadi TKI

Terkini

Terpopuler

Pilihan