197 Warga Gagal Operasi Katarak

197 Warga Gagal Operasi Katarak

CURUP, CE - Dari sebanyak 366 peserta operasi katarak gratis yang digelar oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Curup bekerjasama dengan P3DI dan Perdami. Hanya sebanyak 169 peserta saja yang bisa menjalani operasi. Sementara sebanyak 197 peserta lainnya gagal dioperasi.

"Diantaranya peserta terdaftar bukan terkena penyakit katarak, kemudian peserta yang terdaftar juga ada yang hipertensi dan ada juga yang diabetes militus (DM) sehingga yang bersangkutan tidak bisa dilakukan operasi," ujar Direktur RSUD Curup melalui dr Honey Rosa Nita selaku Kabid Pelayanan RSUD Curup saat dikonfirmasi CE kemarin.

Ratusan masyarakat yang gagal operasi ini diketahui dari hasil screening yang dilakukan panitia karena untuk masuk ketahap operasi masyarakat diminta untuk melewati beberapa tahapan dan salah satunya tahapan screening. "Dari hasil screening, setidaknya ada 197 peserta yang gagal operasi karena hipertensi, DM hingga penyakit yang dimiliki bukan katarak serta tekanan darah tinggi dan tidak turun setelah diberikan obat," sampainya.

Lebih jauh dikatakan Honey bahwa untuk peserta yang mendaftar lewat puskemas didapat 192 peserta sedangkan sisanya mendaftar di RSUD. Sedangkan untuk tindak lanjut bagi peserta yang telah melakukan operasi H+1 dibawa ke poly mata RSUD Curup dan selanjutnya pasien diminta untuk kontrol kepuskesmas terdekat. "Perpuskesmas yang ada setidaknya menjaring hingga 192 pendaftar," katanya. (CE5)

Sumber:

197 Warga Gagal Operasi Katarak

Terkini

Terpopuler

Pilihan