8.600 Peserta Meriahkan Pawai Ta’rub

8.600 Peserta Meriahkan Pawai Ta’rub

CURUP, CE - Dalam rangka menyambut tahun baru Islam yang jatuh pada Kamis (21/9) kemarin, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong menggelar kegiatan lomba menghias kendaraan dinas dan pawai pejalan kaki yang juga diikuti oleh dinas dan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Koordinator Pawai Ta'ruf yang juga menjabat sebagai Kepala Bappeda RL, Ir H Zulkarnain mengatakan bahwa dalam kegiatan perlombaan tersebut diprediksi diikuti lebih dari 8.600 orang dari berbagai kalangan masyarakat baik dari dinas/Instasi yang ada maupun dari anak-anak sekolah.

"Kita kira 8600 peserta pejalan kaki juga ikut serta dalam kegiatan pawai pejalan kaki hari ini (kemarin, red)," ujarnya. Disampaikannya kegiatan pawai pejalan kaki berbarengan juga dengan lomba kendaraan hias dimasing-masing OPD hingga ketingkat kecamatan. Dirinya menyebutkan untuk perlombaan kendaraan hias kurang lebih diikuti sekitar 100 kendaraan hias.

Hanya saja meskipun berbarengan dengan perlombaan pejalan kaki namun untuk rute sendiri akan dibedakan. Menurutnya, khusus untuk kendaraan hias sendiri dimulai sejak 07.30 WIB dari simpang Desa Rimbo Recap hingga ke jalan Ismail Marzuki Dwi Tunggal menuju panggung utama sedangkan untuk pejalan kaki sendiri dimulai dari rumdin Bupati RL di jalan Sudah Sukowati menuju panggung utama di Kelurahan Dwi Tunggal tepatnya didepan RSUD Curup.

"Lomba pawai pejalan kaki dan pawai kendaraan hias digelar berbarengan hari ini (kemarin, red) hanya saja rutenya sedikit berbeda namun tujuan sama ke jalan Ismail Marzuki Dwi Tunggal," sampainya. Sementara itu pihaknya berharap dengan kegiatan perlombaan ini sebagai sebuah momentum ikut merayakan tahun baru Islam tidak hanya itu namun juga nilai-nilai yang terkandung didalamnya akan memberi pengertian kepada masyarakat dalam menyiarkan agama Islam dan juga sambil memeriahkan perayaan tahun baru Islam.

"Dengan momentum ini kita berharap kedepannya perayaan memperingati tahun baru Islam lebih meriah dibanding tahun ini," katanya. Sementara itu Bupati RL DR (HC) H Ahmad Hijazi SH MSi disela-sela kegiatan tabliq Akbar berlangsung mengungkapkan bahwa pawai ta'ruf ini yang diikuti ribuan peserta ini berharap pawai ini menjadi pemersatu antar masyarakat terutama masyarakat muslim dalam peringatan 1 Muharram atau tahun Islam menuju Kabupaten Religius.

"Besar harapan pawai ini tentu mengawali dan menjadi pemersatu umat muslim yang ada di RL," tandasnya. Pantauan CE dilapangan bahwa Pemkab RL menyediakan 2 panggung sedang dan yang mana panggung tersebut digunakan untuk dewan juri dalam menilai kendaraan hias dan pawai bagi pejalan kaki. Keberadaan 2 tenda tersebut yakni terletak di depan SMAN 1 RL dan di depan kawasan MTs Baitul Makmur Curup di jalan S Sukowati. (CE5)

Sumber: