Bupati : Tari Kejei Diakui Dunia

Bupati : Tari Kejei Diakui Dunia

CURUP, CE - Bupati Rejang Lebong DR H Ahmad Hijazi SH MSi mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus melestarikan seni, budaya dan adat istiadat yang ada di Kabupaten RL. Salah satunya yakni Tari Kejei yang merupakan salah satu tari tradisional khas milik Kabupaten RL."Beragam budaya, adat dan seni harus dibudayakan. Khususnya untuk Tari Kejei agar dipertahankan dan dilestarikan," ujarnya.

Disampaikan Bupati bahwa khususnya Tari Kejei sendiri saat ini sudah diakui oleh dunia yang merupakan tarian khas milik RL. Karena menurut Bupati Tari Kejei tersebut telah terdaftar dalam United Nation Education Scientific dan Cultural (UNESCO) sehingga legalitasnya tidak perlu diragukan lagi.

"Jangan ragu, karena Tari Kejei ini milik asli kita. Karena tidak ada lagi yang bisa mengklaim," sampainya. Bupati menambahkan sebagai salah satu bentuk pelestarian beragam seni, budaya dan adat istiadat. Bupati mengimbau kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) khususnya pihak terkait termasuk seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta melestarikan seni tari kejei tersebut.

"Kita terus berupaya untuk melestarikan tari tersebut, karena setiap acara besar atau sebagainya tari kejei selalu menjadi pembuka," katanya.

Diakui Bupati bahwa untuk mempertahankan tari kejei tersebut, pihaknya berharap tarian ini bisa disosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya mulai dari anak-anak yang masih kecil. Karena menurutnya tanpa diajarkan atau disosialisasikan anak-anak tidak tahu dengan tarian kejei yang merupakan tarian khas milik RL.

"Hal tersebut harus dilakukan agar pelestarian tari kejei juga dimulai dari anak-anak sehingga kedepan tarian tersebut bisa dikenal secara luas," tandasnya. (CE5)

Sumber:

Bupati : Tari Kejei Diakui Dunia

Terkini

Terpopuler

Pilihan