CPNS Dikawal Ketat, Baru 12 Lulus Passing Grade

CPNS Dikawal Ketat, Baru 12 Lulus Passing Grade

CURUP, CE - Hingga Selasa (6/11) siang kemarin, setidaknya baru 12 peserta yang lulus passing grade dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) Pemkab Rejang Lebong yang digelar di IAIN Curup. Disisi lain, pelaksanaan SKD yang berbasis computer assisted test (CAT) ini berlangsung ketat. Pasalnya sebelumnya memasuki ruang CAT, peserta diwajibkan untuk melewati pemeriksaan petugas dengan menggunakan metal detector.

Pantauan CE di lokasi, ada beberapa tahapan yang harus dilewati peserta sebelum memasuki ruangan CAT. Tahap pertama, peserta diharuskan menitipkan barang bawaan di tempat penitipan barang selain KTP dan nomor peserta. Tahap kedua, peserta diharuskan melewati pemeriksaan dengan menggunakan metal detector atau pemeriksaan secara manual. Kemudian tahapan ketiga, peserta diharuskan melakukan registrasi untuk mendapatkan pin yang digunakan login pada aplikasi CAT saat akan memulai skd. Tidak cukup sampai disitu, sebelum masuk ke ruangan peserta kembali diperiksa satu persatu oleh petugas BKN untuk mencocokkan data atau foto pada KTP sebagai salah satu antisipasi adanya joki dalam pelaksanaan CPNS. Barulah tahap selanjutnya, peserta dibekali pengarahan sebelum melaksanakan CAT.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rejang Lebong, H RA Denni SH MM menuturkan bahwa tahapan tersebut merupakan tahapan yang wajib untuk diikuti oleh peserta CPNS sebelum melaksanaan skd berbasis CAT. Menurutnya, hal tersebut juga menjadi salah satu standar operasinal prosedur (SOP) yang harus dijalankan oleh Panselda dalam rekrutmen CPNS.

"Selain menjadi kewajiban, pemeriksaan tersebut sebagai salah satu antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan CAT," ujarnya kepada wartawan.

Disampaikan Sekda bahwa hingga saat ini pelaksanaan skd berbasis CAT berlangsung tertib dan lancar tanpa ada kendala khususnya pada fasilitas yang digunakan untuk CAT. Menurutnya, hal tersebut tidak terlepas dari kerjasama baik dari Panselda, petugas kepolisian, petugas PLN, pihak IAIN dan pihak yang terlibat lainnya.

"Alhamdulillah sampai saat ini pelaksanaan CAT berlangsung lancar, termasuk fasilitas komputer yang digunakan," sampainya.

Lebih jauh dikatakannya dalam pelaksanaan CAT sendiri dilangsungkan selama 7 hari yang dimulai sejak 5 November sampai dengan 11 November yang dipusatkan di Kampus IAIN Curup. Selama pelaksanaannya, peserta dibagi dalam beberapa sesi.

"Dalam pelaksanaan CPNS, peserta tidak dipungut biaya apapun. Kita juga mengimbau kepada peserta agar tidak mempercayai calo yang mengataskanamakan Panselda dengan iming-iming dapat meluluskan dalam seleksi CPNS," katanya.

Hingga siang kemarin setidaknya ada 12 peserta yang lulus dalam SKD dan mampu melewati nilai ambang batas atau passing grade yang ditetapkan BKN sebelumnya. Adapun passing grade yang ditetapkan, yakni untuk formasi umum nilai kumulatif SKD paling sedikit memiliki nilai 298 dengan passing grade karakteristik pribadi (TKP) dengan nilai ambang batas kelulusan 143. Kemudian pada intelegensia umum (TIU) dengan nilai passing grade 80 dan tes wawasan kebangsaan (TWK) paling sedikit 75. Sedangkan untuk nilai kumulatif SKD bagi formasi umum jabatan dokter spesialis paling sedikit 298 dengan nilai TIU sesuai passing grade 80. Sedangkan Khusus penyandang disabilitas, nilai kumulatif SKD paling sedikit 260 dengan TIU serendah-rendahnya 70. (CE5)

Sumber: