Kampus IAIN Siap Naik Akreditasi

Kampus IAIN Siap Naik Akreditasi

CURUP UTARA, CE - Setelah proses peralihan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) selesai dilakukan dengan kuran waktu satu tahun lebih. Pihak IAIN Curup kembali menyiapkan berkas untuk naik akreditasi. Dimana saat ini tipe C akan naik ke tipe B."Kita saat ini fokus untuk naik akreditasi lembaga pasca perubahan status IAIN," sampai Wakil Rektor II IAIN Curup, H Hamengkubuono MPd kepada wartawan kemarin.

Hameng menyampaikan pihaknya menargetkan naik akreditasi bisa dilakukan pada akhir tahun ini. Dimana pada akhir November ini juga sejumlah assessor data ke IAIN Curup untuk memastikan sejumlah syarat akreditasi bisa naik. "Dua minggu lagi assessor untuk akreditasi akan datang," ujarnya.

Menurutnya kebutuhan berkas yang harus mereka lengkapi untuk akreditasi tersebut yakni ada 400 berkas yang disiapkan. Ini sendiri harus diletakkan dalam satu ruang untuk kebutaan akreditasi. "Sejauh ini sudah ada 100 lebih berkas yang sudah siap, namun masih banyak yang belum disusun dan disiapkan," jelasnya.

Berkas tersebut sendiri yakni mulai dari kegiatan non akademik, akademik, dan birokrasi sejauh tahun 2015 lalu, yang salah satunya dicontohkan pihaknya yakni adanya pengadaan di 2015 maka seluruh dokumentasi pengadaan tersebut harus lengkap, karena pada saat assessor menanyakan seluruh didukung dengan bukti berkas pelaksanaan kegiatan."Jadi kita siapkan dan ini tim kita kerjanya siang sampai malam menyiapkan dan menyusun," ungkapnya.

Naik akreditasi lembaga ini sudah selayaknya dilakukan dan IAIN juga sudah masuk dalam standar tersebut tinggal pengakuan secara resmi dari kementerian pusat, dengan itu maka saat ini pihaknya bekerja extra untuk lakukan hal ini, sehingga tidak ada keraguan yang diterima masyarakat untuk menguliahkan anak mereka di IAIN Curup. "Ini harus kita mulai dan kita sudah star," katanya.

Sementara itu salah satu mahasiswa IAIN Curup Bella Jurusan PGSD menyampaikan jika IAIN sudah selayaknya meningkatkan apa yang memang standar mereka, hal ini untuk membantu masyarakat Rejang Lebong untuk menjadikan IAIN wadah mereka untuk bisa melanjutkan menuntut ilmu di kursi perkuliahan. "Kami dukung penuh agar IAIN menjadi lebih baik dan menjadi pusat belajar di Rejang Lebong," pungkasnya. CE1)

Sumber:

Kampus IAIN Siap Naik Akreditasi

Terkini

Terpopuler

Pilihan