Bupati Ajak Kades Bentuk Home Industri

Bupati Ajak Kades Bentuk Home Industri

CURUP, CE - Dalam rangka mendorong perekonomian yang ada di desa, Bupati Kabupaten Rejang Lebong DR H Ahmad Hijazi SH MSi mengajak para Kades untuk membentuk home industri dengan memanfaatkan dana desa (DD). Karena menurutnya, dengan digelontorkan DD yang terlampaui besar harus dimanfaatkan dengan baik dan efisien sehingga peruntukkannya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. "Selain untuk pengembangan pariwisata, DD juga bisa dimanfaatkan untuk membentuk home industri," ujarnya kepada wartawan.

Disampaikannya bahwa pihaknya meminta ada ciri khas yang dihasilkan dari home industri sendiri. Bupati mencontohkan produk home industri dengan melakukan pembuatan kripik pisang dan sebagainya. Misal seperti di Padang ada sanjai. Sehingga dengan pemanfaatan DD tersebut produk yang dihasilkan dari home industri bisa disalurkan ke luar daerah. "Nanti untuk tenaganya bisa memanfaatkan tenaga lokal atau masyarakat di desa itu sendiri sehingga manfaatnya ada. Dengan demikian kita yakin, ekonomi di desa bisa tergerak," sampainya.

Sementara itu Bupati juga berharap home industri sendiri bisa terbentuk di 122 desa yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Apalagi kedepan bakal ada kenaikan dana desa seperti yang disampaikan Mendes PDTT belum lama ini. Bahkan informasinya setiap desa akan mendapat tambahan senilai kurang lebih Rp 100 juta. "Termasuk adanya bantuan untuk BUMDes dan softcase untuk desa terpilih nantinya," katanya.

Di sisi lain Bupati mengimbau kepada para Kades agar tidak menyalahgunakan dana desa (DD) dan gunakan sesuai dengan peruntukkannya. "Saya juga berharap DD ini bisa memberikan manfaat yang lebih bagi perkembangan pembangunan di desa dengan harapan masyarakat di desa lebih sejahtera dan mengurangi angka kemiskinan," tandasnya. (CE5)

Sumber:

Bupati Ajak Kades Bentuk Home Industri

Terkini

Terpopuler

Pilihan